Kelestarian  Hutan  dan Kejayaan  Nusantara : Potret Pelibatan Masyarakat dalam Pembangunan Hutan Indonesia

0
294

Bogor, Suarakristen.com

Sejak dahulu sumberdaya hutan di Indonesia telah memberikan manfaat secara langsung maupun tidak langsung terhadap pembangunan. Dalam pandangan global, fungsi hutan setidaknya berperan dalam pencapaian 10 dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals), terutama pada tujuan 1)tanpa  kemiskinan;  2)tanpa  kelaparan; 3)kehidupan  sehat dan sejahtera; 6)air  bersih  dan  sanitasi  layak;  7)energi  bersih  dan terjangkau;  8)pekerjaan layak dan  pertumbuhan  ekonomi;  9)industri inovasi  dan  infrastruktur; 10)berkurangnya kesenjangan;  11)kota  dan  pemukiman berkelanjutan; 13)penanganan  perubahan  iklim; dan 15) ekosistem  daratan.

Berangkat  dari  pandangan global  akan  peran  fungsi  hutan  dan  kondisi  terkini  hutan  di  Indonesia,  Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan IPB  akan  menyelenggarakan  diskusi  nasional  dengan tema  *Kelestarian  Hutan  dan Kejayaan  Nusantara : Potret Pelibatan Masyarakat dalam Pembangunan Hutan Indonesia*.

Seminar yang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 6 September 2018 dan bertempat di SEAMEO BIOTROP – Tajur, Bogor akan dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sebagai pemateri diantaranya, Dekan Fahutan IPB (Dr. Ir. Rinekso Soekmadi, M.Sc.F);

Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc); Kepala Badan PPSDM KLHK (Ir. Helmi Basalamah, MM); Guru Besar Fakultas Kehutanan IPB (Prof. Dr. Ir. Dudung Darusman, MA dan Prof. Dr. Ir. Hariadi Kartodihardjo, MS); Kepala Dinas Kehutanan Nusa Tenggara Barat (Ir. Madani Mukarom, B.Sc.F); Kepala Pusat Pembiayaan Hutan (Ir. Agus Isnantio Rahmadi, M.Sc); Sinarmas Forestry; Ultramilk; Perum Perhutani; Dewan Atsiri Nasional; dan Perwakilan Usaha Hutan Rakyat.

Menurut Ketua Umum Himpunan Alumni FAHUTAN IPB,   Ir. M. Awriya Ibrahim M.Sc, seminar nasional ini merupakan rangkaian dari acara Hari Pulang Kampus (HAPKA) Fahutan IPB yang puncaknya diselenggarakan tanggal 9 September 2018 dengan acara Junggle Jazz di Kampus IPB Dramaga.

Baca juga  Komnas Perempuan Merespon Konflik Lahan di Batanghari Jambi: Komitmen Wakapolda Jambi dan Pemda Kabupaten Batanghari Harus Dijalankan

Melalui seminar ini, kembali Himpunan Alumni Fahutan IPB akan melengkapi warna dari bingkai pembangunan sektor kehutanan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here