Antusiasme Lansia Mewujudkan ALUS

0
367

Oleh : Sigit Triyono (Sekum LAI) www.alkitab.or.id  IG:lembagaalkitabindonesia

“Usia saya 75 tahun, saya akan berangkat ke Pulau Kei Besar dan Kei Kecil Maluku bulan Oktober 2018 nanti untuk mengawal pembagian Alkitab SDK LAI,” kata Ibu Indrawati Ketua KKPD (Kelompok Kerja Penggalangan Dukungan) LAI Bandung Selasa (7/8) lalu.

Ibu Indrawati tidak hanya semangat mengirim Alkitab untuk saudara-saudara di pelosok negeri yang sangat membutuhkan, tapi juga berjuang menggalang dukungan untuk pengadaan Alkitab tersebut. Salah satu upayanya adalah dengan menyelenggarakan Kebaktian Puji-pujian Kaum Usia Lanjut Gereja-gereja se Kota Bandung.

Ada tujuh kelompok Paduan Suara dan Kelompok Angklung yang hadir dan mengisi puji-pujian. Masing-masing kelompok yang rata-rata beranggotakan 30 personel kaum Lansia membawakan satu lagu pujian. Antusiasme mereka sangat terasa. Betapa tidak, ada seorang Ibu anggota Paduan Suara GKI Guntur yang sudah berusia 97 tahun juga ikut berdiri dan menyanyi. Ada beberapa Ibu yang hadir memakai tongkat, ada juga yang harus dipapah, tapi tetap semangat maju ke depan dan bernyanyi memuji Tuhan.

Dalam acara ini juga dihadirkan Ibu Grace Simon, penyanyi kondang tahun 80an yang tetap prima dan tahun ini berusia 65 tahun, yang berarti juga masuk dalam kategori kaum Lansia. Dia menyanyikan empat lagu dengan penghayatan yang luar biasa dan menggerakkan semua hadirin ikut bernyanyi bersama.

Fisik yang menua bukan halangan kaum lansia terlibat dalam program Satu Dalam Kasih LAI, sebuah program rutin pengadaan dan pengirim Alkitab ke berbagai pelosok negeri. Program ini didukung oleh KKPD-KKPD LAI di berbagai kota, dan salah satunya KKPD Kota Bandung. Tahun 2018 ini  SDK LAI menargetkan pengadaan 125.000 Alkitab untuk 125.000 Jiwa di enam wilayah: Karo-Dairi Sumatera Utara, Sintang-Kalimantan Barat, Halmahera Barat, Pulau Kei Besar dan Kei Kecil – Maluku,  Sumba – NTT, dan Boven Digoel – Papua.

Baca juga  Yerry Tawalujan, Moderator FK-OK: Penolakan Wadah Pegawai Terhadap Pimpinan KPK Insubordinasi, Harus Dipecat

Spirit mewujudkan Alkitab Untuk Semua (ALUS) sungguh menggerakkan kaum Lansia untuk aktif berkontribusi mulai dari pengadaan sampai pengiriman Alkitab ke berbagai wilayah di atas. Pengalaman turut serta mengawal pengiriman Alkitab ke berbagai pelosok negeri, yang masih sangat sulit medannya, tidak menyurutkan tekad kaum Lansia ini. Justru sebaliknaya mereka terbakar semangatnya untuk ikut mengawal lagi tahun ini. Ibu Sonya yang sudah berusia 82 tahun berkata dengan sukacita: “Saya sudah mendapatkan tiket dan biaya untuk ikut ke Pulau Kei Besar dan Kei Kecil Oktober nanti.”

Perjalanan mengawal pengiriman Alkitab ke berbagai pelosok negeri sungguh suatu perjalanan ziarah yang sangat kental nuansa spiritualnya. Dengan mengalami berbagai kesulitan menempuh medan yang sulit, dan mendapati antusiasme umat Tuhan yang sudah lama menantikan Alkitab, sungguh sangat menguatkan iman. Kelelahan langsung menghilang. Keluh kesah langsung lenyap. Yang ada hanyalah ucapan syukur atas semua kelimpahan berkat dan anugerah dalam kehidupan.

Dukungan dalam bentuk Doa dari semua pihak sangatlah diharapkan. Doa orang benar dahsyat kuasanya. Mendoakan pemenuhan kebutuhan pengadaan dan pengiriman Alkitab SDK ini sangatlah membantu perwujudan program ini. Banyak orang, termasuk saya, mempunyai pengalaman nyata betapa dahsyatnya kekuatan doa.

Dukungan dalam bentuk Wartakan akan memungkinkan banyak pihak mengenal, menaruh kepedulian dan menggalang kebersamaan untuk berkontribusi dalam program ini. Bulan lalu sesudah mendengar presentasi saya di sebuah gereja di Manado, seorang Ibu mengirimkan gambar brosur SDK LAI kepada saudaranya di New York melalui Whatsapp. Dua minggu kemudian Ibu tersebut datang ke kantor Perwakilan LAI Manado untuk menyerahkan bantuan pengadaan Alkitab SDK dari saudaranya yang di New York itu.

Baca juga  KESAKSIAN TEDJO OEPOMO SEORANG YANG BERASAL DARI KELUARGA DUKUN KERATON

Terakhir dukungan dalam bentuk Donasi untuk membiayai pengadaan dan pengiriman Alkitab SDK LAI. Kisah antusiasme kaum Lansia di atas adalah salah satu contoh upaya konkret mengupayakan dukungan donasi melalui kebaktian puji-pujian. Banyak yang hadir untuk menikmati berbagai pujian sekaligus sukacita memberi donasi untuk pengadaan dan pengiriman Alkitab SDK LAI.

DWD – Doakan, Wartakan dan Donasikan demi terwujudnya Alkitab Untuk Semua telah dijalankan oleh kaum Lansia Gereja-gereja di Kota Bandung dengan sangat antusias. Bagi kita yang belum Lansia mengapa tidak mengikuti jejak mereka? Silakan kontak di WA Ibu Erna 08128517415 untuk keterangan lebih lanjut. Atau langsung donasi ke Nomor Rekening Yayasan Lembaga Alkitab Indonesia BCA: 3423016261.

#SalamAlkitabUntukSemua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here