SELAYANG PANDANG MALUKU SEBAGAI PROPINSI TERKAYA SDA DAN SDM

0
662

 

 

 

Sebagai bagian dari wilayah NKRI, Provinsi Maluku dan Maluku Utara merupakan area strategis yang berada di Wilayah Timur Indonesia. Daerah ini sangat dikenal, karena dulunya merupakan penghasil rempah-rempah terbaik dunia yakni Pala dan Cengkeh. Pala dan Cengkeh inilah yang menjadi alasan utama (first reason), Portugis, Spanyol, Inggris dan Belanda harus menjajakan dirinya ke Nusantara. Walau dalam sejarah, hanya Belanda dengan VOCnya (Vereenigde Oostindische Compagnie) yang dominan menguasai rempah-rempah di Maluku. Cerita “gagalnya” rencana pertukaran Pulau Run (Rhun Island) oleh Belanda dengan Pulau Manhattan (Manhattan Island) di Inggris adalah bukti, begitu kuatnya pengaruh Pala dan Cengkeh di dunia.

 

Tahun 1999, kedua Provinsi ini mengalami konflik sosial (social conflict) yang luar biasa. Terjadi perang saudara (brother war) antara masyarakat berpenduduk Muslim dan Kristen. Kota Ambon dan Ternate menjadi pusat ketegangan di dua Provinsi ini, serta melebar ke beberapa wilayah sekitar.Konflik kemanusiaan yang benuansa SARA ini akhirnya dapat diselesaikan secara damai, dengan bantuan semua pihak baik pendekatan tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat, Pemuda serta pihak keamanan baik TNI/Polri maupun melalui mediasi yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat melalui perjanjian Malino yang menjadi tim mediator saat itu salah satunya M. Jusuf Kalla (Wapres RI Saat ini) yang kala itu menjabat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat. Konflik di Maluku terjadi, lebih pada aspek ketidakadilan. kesenjangan ekonomi, masalah kemiskinan dan ketiadaan pembangunan adalah sumber utamanya.

 

Maluku dan Maluku Utara sebagai miniatur Indonesia dengan kondisi karakteristik kepulauan dan potensi sumberdaya alam yang sangat berlimpah ruah, di laut dan di darat. Sebagai daerah yang pernah mengalami konflik kemanusiaan mulai bangkit dari semua sisi pembangunan.Pola pendekatan dalam pembangunan pun pastinya berbeda dengan daerah lain, budaya pela-gandong menjadi roh kekuatan persaudaraan antar umat beragama di Maluku dan Maluku Utara.

 

Di tengah kondisi ancaman global, dinamika perpolitikan yang semakin memanas, semangat kebhinekaan kita pastinya diuji dan adanya proxy war. Upaya memecah belah persatuan dalam masyarakat dan umat beragama.

 

*HARUSKAH MALUKU MENJADI PROPINSI TERMISKIN*

 

 

Melihat Konflik dan Damai Maluku dan Maluku Utara merupakan pembelajaran berharga bagi semua elemen Bangsa, agar kiranya dapat memperkuat ketahanan nasional dengan pendekatan smart power . Konflik itu tidak pernah membawa kebahagiaan melainkan kesengsaraan yang berkepanjangan, Semoga dinamika kebangsaan saat ini tetap berada dalam koridor yang baik dan selalu berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945. Pastinya Perdamaian Maluku dan Maluku Utara sebagai barometer Indonesia, dalam menjaga kerukunan antar umat beragama serta menjadi motivator perdamaian dalam pendekatan keamanan dan kesejahteraan.

Baca juga  3 Teknologi Kedokteran Gigi ini Pikat Peserta Konferensi IDEC 2019

 

Sejarah adalah sisa dari jerih payah Pergerakan perjuangan Jati diri bangsa yang pada ahirnya harus membuat kita senang ,dengan teraturnya kata yang hanya saat ini di jadikan sebagai sebuah judul dalam nyanyian yang konon,katanya ,sehingga Mungkin menjadi Alasan Untuk samapi hari ini  ada di mata kiri indonesia ,dengan boleh di kata Negri sejuta Pusaka Adatnya yang Namanya Maluku yang sangat kaya namun miris karena miskin masyarakatnya, banyaknya tingkat  pengangguran dan begitu besar perbedaan jarak antara yang kaya dan miskin.

 

Setelah sekian lama Meratap dengan Perjuangan untuk keadilan ,Maluku hanya bisa di dengar sebatas nyanyian yang tak bernama ,oleh indonesia ,akan tetapi Maluku sampai detik ini masi cinta dan tetap setia pada NKRI ,( pangkuan Yang namanya ibu pertiwi ) Indonesia.

 

*MALUKU FOR JOKOWI HADIR MEMBERIKAN INSPIRASI DAN SEMANGAT*

 

 

Saat ini Maluku hendak mengatakan bagi Indonesia bahwa *Bahasa konflik teroris yang sekarang terjadi , kami masyarakat Maluku sudah melewatinya! Maluku sudah melewatinya dengan baik dan berhasil dalam tantangan pergolakan strategi pemecahan yang hebat.Saat ini diatas darah, nyawa orang Maluku yg membayar lunas persatuan serta persaudaraan  pela gandong, kami hendak mengatakan  ini adalah sejarah yang terpuruk dan menyakitkan.Dan kami masyarakat Maluku  berhasil melewatinya.

 

Maka atas dasar Pikiran bersama putra putri Maluku selalu Ada sebagai utusan ,untuk berada dalam garis perjuangan Untuk indonesia dan dapat Melahirkan sebuah rumusan baru sebagai awal dari Metode kebangkitan Perjuangan Putara putri Maluku ,untuk Maluku bersatu bersama Pemerintahan yang sah secara hukum yang telah di atur oleh Undang Undang Dasar 1945

 

Oleh karna sebap itu dalam gagasan bersama Sehingga Melahirkan Satu rumusan tersebut yaitu.Membentuk sebuah wadah perkumpulan Masyarakat Maluku untuk pergerakan Relawan yang bernama ,Maluku for Jokowi ( MFJ ) sudah tentunya adalah untuk Mengangkat  putra putri Maluku yang handal juga visioner sebagai pemimpin juga dalam rumusan tersebut Melahirkan satu kesepakatan bahwa MfJ  Lahir sebagai garda pergerakan perjuangan atau sebagai Relawan Maluku yang Ada di seluruh Nusantara indonesia siap untuk Menjadi Relawan untuk Memenangkan jokowi dan menghantarkan serta mengawal Jokowi sebagai Presiden RI 2019 2024

Baca juga  Optimalkan Perkembangan Wirausaha Sosial dan UKM, Bank DBS Indonesia Kembali Hadirkan SE Bootcamp 2019

 

Maluku for Jokowi ( MFJ ) memiliki harapan besar kepada pemerintah ,jokowi Agar sumber daya alam Maluku dapat di kelola secara baik  dan untuk kepentingan dan kesejahtraan Rakyat Maluku dan juga kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah secara baik ,arif dan bijaksana dalam tata kelola sistem secara kolektif

Adapun harapan kepada pemerintah ,Presiden Jokowi agar Maluku di  berikan daerah otonom khusus ,juga terkait dengan sumber daya alam Maluku, baik pariwisata ,perikanan dan kelautan serta pertambangan Maka seyogyanya Pemerintah di bawah,Presiden Jokowi agar   Mencabut sk 6 mentri menyangkut sistem tatakelola sumber daya alam Maluku dan kepada pemerintah ,Presiden Jokowi Agar Bandara Pattimura Maluku Ambon dapat dipergunakan sebagai bandar udara internasional ,yang dimana dengan sistem penerbangan dari Luar Negri Langsung ke Ambon Malulu ,tidak harus transit jakrta dan ini adalah  tuntutan masyarakat Maluku .

Serta UU Daerah Kepulauan harus di golkan untuk percepatan pembangunan di Maluku demi  kesejahteraan .

 

Maluku for Jokowi adalah garda Relawan Murni ( indefenden ) tidak berafiliasi  dengan Partai Manapun ( MfJ ) Maluku for jokowi memiliki  basis kekuatan Masyarakat Maluku di seluruh penjuru tanah Air indonesia untuk secara bersama Memenangkan Jokowi sebagai Presiden RI 2019 – 2024 .,

Juga siap untuk mengawal sistem dan masukan kepada pemerintahan Jokowi manakala di butuhkan artinya MfJ adalah bagian dari atau sebagai pungsi sosial control Masyarakat kepada pemerintah , dan Maluku for jokowi adalah wadah Orang Maluku untuk Mengawal dan Menjaga sumber daya kekayaan Alam Maluku dari para cukong dan Mafia yang selama ini merampok untuk kepentingan pribadi dan klompok juga sukunya sendiri ,sementara sumber daya alam kekayaan Maluku selama ini tidak di nikmati oleh orang maluku ,tetapi yang perlu harus di ketahui bahwa sumber daya alam kekayaan Maluku itu  untuk kesejahtraan orang Maluku .maka MfJ punya tanggung jawab Moral dan sosial untuk dapat mengontrol pemerintah atau pihak terkait dalam hal sistem pengelolahan sumber daya alam maluku secara baik dan bijaksana demi kemaslahatan atau untuk masyarakat maluku secara khusus

Baca juga  Gerakan Masyarakat Sipil (GEMAS): Sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

 

Maluku for Jokowi ( MfJ ) siap untuk bekerja sama dengan semua unsur terkait dalam pemberantasan korupsi juga Memberantas para mafia yang selama ini telah merampok kekayaan Alam Maluku ,Maluku for jokowi ( MfJ ) kepada Jokowi bila mana terpilih sebagai Presiden Nanti kiranya ada pemerataan sitem pembagian kabinet / Mentri artinya harus ada keterwakilan Orang Maluku,sebap dari erah Bung karno sampai hari ini Maluku hanya ada di Mata kiri indobesia ,sebap Maluku tidak ingin di dustakan dan di butakan dengan Anonim politik yang penuh dengan gurawan yang tak berarti

 

Harapan masyarakat Maluku kepada Jokowi sangat besar,juga MFJ siap menjaga dan Merawat kebinekaan NKRI  dan Pancasila serta UUD 1945 .dan bekerjama dengan TNI dan Polri demi keutuhan bangsa dan Negara ,sesuai yang terkandum  dalam ikrarnya Maluku sebagai berikut :

 

IKRAR NUSA BHAKTI

Maluku

 

1.Kami putra putri Maluku

Siap berada di garda te

rdepan untuk indonesia

dalam mengawal dan

memenangkan Jokowi

Sebagai Presiden RI 2019-

2024.

 

2.Kami putra putri

Maluku

Siap bekerjasama

Dengan pemerintah yang

Sah juga TNI dan Polri dan

semua lembaga yang

bersinergi dalam

membangun MALUKU.

 

3.Kami putra putri Maluku

Siap lahir dan bhatin

Sebagai pelopor per –

Damaian untuk sesama

Anak bangsa indonesia.

 

4.Kami putra putri Maluku

Lahir sebagai garda

Perjuangan maluku utk

Menjaga dan mengawl

Sumber daya kekayaan

Alam Maluku untuk

Kesejatraan Maluku

 

5.Kami putra putri Maluku

Selalu setia kekawann

Dan menjunjung tinggi

Nilai nilai budaya ,saling

Menjaga dan menghor

Mati antar sesama dan

Semua golongan

 

6.Kami putra putri Maluku

Menjaga ,mengawal ,

Merawat NKRI dan

Pancasila serta UUD

1945

 

Maii Nusuu oo basudara

Maii pasalook lumaa tea ite takee limaa Mese mesee hiti bhala basudara gandong ,

 

Era Baru  Kebangkitan Maluku for jokowi 2019 – 2024

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here