GERKINDO GELAR PELATIHAN LITERASI MEDIA

0
391

 

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Berlangsung di Kantor DPP Perindo, Jalan Diponegoro No. 29 Jakarta Pusat diadakan Pelatihan Literasi Media bagi bagi masyarakat umum secara gratis.(30/5/18)

 

Hadir sebagai pembicara para nara sumber yang telah sekian lama malang melintang di dunia Jurnalistik, di antaranya : Roy Agusta dari PEWARNA ID (Persatuan Wartawan Nasrani Indonesia) dan Majalah Gaharu.com, Sonya Hellen Sinombor dari Harian Kompas dan Hotben Lingga, penulis dan pemred media online Suarakristen.com.

 

Acara yang berlangsung di tengah suasana bulan puasa ini tidak menyurutkan langkah kaki mereka untuk hadir juga mengikuti kegiatan yang bermanfaat tersebut.

 

Acara diawali dengan prakata dan ucapan selamat datang oleh pembawa acara yang  dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

 

Sambutan disampaikan oleh Pdt. E. Yerry Tawalujan, M.Th selaku Ketua Umum DPP Gerkindo dan penyelenggara acara yang bertajuk : “Jurus Jitu menjadi Penulis yang Hebat”.

 

“Di zaman now perubahan radikal media sosial terjadi. Sedang terjadi revolusi dalam dunia industri media. Dulu hanya pemilik modal besar yang bisa mendirikan perusahaan media, seperti Surat kabar, Majalah, Tabloid, dan lain-lain. Saat ini berkat perkembangan teknologi industri digital, semua orang bisa membikin/memiliki media sendiri, media online khususnya.Saat ini biaya untuk membuat media sudah sangat murah, dengan biaya 2-3 juta Rupiah, orang sudah bisa menjadi pengusaha media online, yang bisa dibaca orang diseluruh dunia. Trend global saat ini, orang sudah beralih ke media online.Tidak aneh, media cetak saat ini banyak yang anjlok oplahnya karena masyarakat lebih suka pada berita yang disajikan secara online. Saat ini ongkos cetak semakin mahal, sementara pembaca dan pembeli majalah/koran semakin sedikit. Demikian juga di dunia industri media (majalah dan tabloid) Kristen. Sedang terjadi perubahan trend. Sedang terjadi Revolusi juga. Dulu oplah cetak bisa banyak sekarang sudah anjlok sekali. Dulu bisa cetak ribuan eksemplar, sekarang bisa cetak ratusan eksemplar.Perkembangan teknologi digital ini merupakan tantangan dan peluang yang harus kita hadapi.

Maka melalui kegiatan ini Gerkindo memiliki beban agar masyarakat  mampu menjadi agen-agen dan pelaku perubahan dalam dunia industri media, antara lain melalui pelatihan Jurnalistik ini.” Demikian ungkapnya.

Baca juga  PEGADAIAN KEMBALI HUJANI NASABAH DENGAN HADIAH PADA PROGRAM BADAI EMAS Ke-2

 

Secara berturut-turut materi disajikan oleh nara sumber Roy Agusta, Sonya Hellen dan Hotben Lingga. Namun sebelum penyajian Roy Agusta pemilik dan pimpinan perusahaan Majalah Gaharu dan Ketua PEWARNA ID Yusuf Mujiono mengenalkan Majalah Gaharu yang telah 16 tahun berkiprah dengan suka dukanya dan berjanji akan memberikan rahasia kiat keberhasilannya menjaga kelangsungan majalah yang dikelolanya di era digital dan sistem online.

 

Pada intinya pemaparan para nara sumber mengajak kepada peserta untuk dapat menulis dengan baik dan benar dengan menggunakan rumus 5W + 1H serta kiat dan tips menulis berita, artikel maupun opini.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang menarik menjadi penambah wawasan bagi para peserta. Dan acara pun usai dengan ditandai penyerahan secara simbolis Sertifikat kepada perwakilan peserta oleh penyelenggara  dan acara foto bersama.

 

(Johan Sopaheluwakan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here