Standard Chartered Raih Penghargaan Indonesia’s Digital Innovative Award 2018

0
576

 

Jakarta, Suarakristen.com

Standard Chartered Bank Indonesia (“Bank”) baru-baru ini meraih penghargaan sebagai Perusahaan Inovatif dalam mengembangkan Layanan dan Aplikasi Digital, kategori Bank asing, di ajangIndonesia’s Digital Innovation Award 2018. Penghargaan yang telah tiga kali diselenggarakan ini mengapresiasi 62 perusahaan di Indonesia yang berhasil dalam melakukan inovasi dan mengembangkan produk serta layanan berbasis digital bagi konsumennya.

Slamet Riyoso, Chief Information Officer, Standard Chartered Bank Indonesiamengatakan, “Teknologi dan inovasi menjadi platform yang memberi kami peluang lebih besar untuk melayani klien dan nasabah kami dengan lebih efektif dan efisien, serta memberi mereka lebih banyak kemudahan, pilihan, dan yang tak kalah penting –tetap memastikan standar keamanan tertinggi. Penghargaan yang kami terima ini semakin memperkuat komitmen Bank bahwa teknologi menjadi fokus dari strategi kami dan mendorong kami untuk terus berinovasi dan mencari cara terbaik dalam menciptakan pengalaman perbankan yang tidak hanya dirancang untuk klien, namun juga bagi ekosistem mereka.”

Dalam menentukan kandidat pemenang, tim Warta Ekonomi Research & Consulting (WERC) menggunakan metode desktop research. Penilaian dilakukan berdasarkan perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan teknologi dan berdampak baik untuk perusahaan secara khusus, perekonomian, ataupun masyarakat luas secara umum. Selain desktop research, dalam menentukan perusahaan dengan inovasi digital terbaik, tim riset menetapkan beberapa kriteria tertentu, yaitu:

(1) Inovasi digital yang dilakukan selama dua tahun terakhir (mulai dari tahun 2016);

(2) Keunggulan inovasi digital yang dilakukan;

(3) Manfaat inovasi digital tersebut bagi perusahaan; dan

(4) Manfaat inovasi digital bagi stakeholder (konsumen dan pihak eksternal lainnya).

 

Beberapa inovasi dalam layanan dan aplikasi digital yang dikembangkan oleh Standard Chartered Bank Indonesia termasuk diantaranya:

Baca juga  Penjelasan Menkumham Atas Kabar Bebaskan Napi Narkoba dan Korupsi

(1) Fitur TouchID Login pada SC Mobile banking, dimana Standard Chartered merupakan salah satu bank pertama yang memoerkenalkan teknologi login dengan sidik jari ini bagi nasabah ritel. Dengan adanya fitur ini, nasabah bisa login ke dalam SC Mobile dengan menggunakan sidik jari tanpa menggunakan username dan password;

(2) Straight2Bank Wallet, yakni layanan mobile pertama untuk klien korporasi di Indonesia. Dengan layanan ini, klien dapat melakukan pembayaran non-tunai kepada penerima yang mempunyai rekening bank ataupun tidak. Adapun, dana akan diterima secara elektronik melalui dompet elektronik “Dompetku” dari Indosat;

(3) Layanan Cash Collection atau penerimaan kas dengan memanfaatkan cash deposit machine (CDM) yang pertama di Indonesia. Mesin tersebut dapat membaca hingga empat jenis mata uang, baik dalam denominasi rupiah maupun valuta asing; dan

(4) aplikasi The Good Life, yang dapat memberikan informasi penawaran dari kartu kredit, sekaligus memberitahukan lokasi dari merchant yang sedang memberikan penawaran khusus (promo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here