HKBP Terima Ijin Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar: Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing Serukan Seluruh Komponen HKBP Merevitalisasi Institusi Pendidikan HKBP

0
607

 

 

 

Pematang Siantar, Suarakristen.com

 

Pematangsiantar 24 Pebruari 2018,  berlangsung Acara Penyerahan Ijin Pembukaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar dari Direktur Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi (Dr. Ir. Ridwan, M.Sc) kepada Yayasan Universitas HKBP Nommensen.

 

Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dalam kata sambutannya mengatakan, “Sebenarnya upaya ini sudah lama namun baru sekarang terwujud, ini menjadi kebanggaan seluruh HKBP.”

 

Ephorus menambahkan, “Sangat perlu supaya semua jemaat HKBP memiliki Sense of belonging dan sense of responsibility untuk memajukan pelayanan HKBP dalam bidang pendidikan. Maka momen hari ini patut dijadikan sebagai salah satu momen bersejarah pendidikan HKBP. Karena HKBP dapat menjadi salah satu kontributor utama dalam dunia pendidikan, pendidikan tinggi khusuanya. Sangat penting dan strategis Gereja-gereja berperan dalam bidang pendidikan sebagai bidang pelayanan dan sarana untuk mendidik dan mentransformasi masyarakat dengan Firman Tuhan dan Ilmu Pengetahuan. Karena itu, HKBP akan terus merevitalisasi dan memajukan lembaga-lembaga pendidikannya. Pengembangan dan pembangunan pendidikan untuk memajukan SDM umat akan menjadi agenda utama/prioritas HKBP. Seluruh jemaat, Gereja, pendeta, simpatisan dan mitra HKBP di seluruh dunia diharapkan meningkatkan kontribusi dan partisipasi untuk  merevitalisasi dan memaju-kembangkan institusi pendidikan HKBP. Institusi pendidikan HKBP harus menjadi agen perubahan, agen pembangunan nasional dan agen kemajuan bangsa,

 

Sementara itu, Kopertis Wilayah 1 Sumut Prof. Dian Armanto mengatakan, Universitas Nommensen Pematangsiantar ini punya PR selama dua tahun ini untuk akreditasi dan mengurus beasiswa untuk PT. Sementara Dirjen Dr. Ir. Ridwan katakan ini momen sejarah karena sudah 4 tahun lebih mengurus Izin, namun baru ini disetujui, wacana 1000 PTS akan dikurangi tetapi Nommensen justru bertambah. Banyak PTS yang menurun kualitas dan kuantitasnya, tetapi Nommensen justru semakin berkembang. Prestasi luar biasa dari Dewan Pembina dan Pengurus Yayasan ini. 

 

Baca juga  Bakrie Centre Foundation Dorong Sociopreneur di Indonesia Wujudkan Visi Indonesia 2045 melalui Program LEAD Indonesia 2019

Prof. Dr. Bilter Sirait mengatakan, Pengurus Yayasan termotivasi dengan Bimbingan Pastoral Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing menekankan pentingnya pengembangan Universitas HKBP Nommensen dan terbitnya Izin Pendirian Universitas Nommensen Pematangsiantar merupakan kado dari Pengurus Yayasan HKBP Nommensen beserta seluruh dosen kepada HKBP sebagai buah pelayanan Orientasi Pendidikan dan Pemberdayaan Tahun 2017. Senada dengan yang disampaikan oleh Manerep Pasaribu (Ketua Dewan Pengawas) katakan Resminya Universitas ini menambahkan kekayaan HKBP akan ilmu pengetahuan dan berpartisipasi besar dalam mencipta generasi bangsa yang berkualitas.

 

 

Ini merupakan buah dari orientasi pelayanan pendidikan dan pemberdayaan 2017 dikarenakan izin ini sebetulnya sudah keluar bulan 6 Desember 2017, dan ini adalah acara penyerahan sekaligus Ibadah Syukur besok Minggu, ujar Sekhus Ephorus Pdt. Alter P. Siahaan.

 

Acara ini diawali dengan Ibadah yang dilayani oleh Pdt. Jojor Silalahi.

 

Usai ibadah dilanjut dengan acara nasional menyanyikan Indonesia Raya. Turut hadir Walikota Pematangsiantar Hefriansyah Noor, Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga, Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt. Same Siahaan, Praeses HKBP Distrik XXIV Tanah Jawa Pdt. Desy Hutasoit, Para Pelayan HKBP, Utusan Jemaat dan Lembaga-lembaga HKBP.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here