Tano Batak akan Menjadi Pusat Perayaan Paskah Nasional 2018

0
1035

 

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

 

“Tahun 2018 ini Tano Batak akan menjadi pusat Perayaan Paskah Nasional. Paskah Nasional 2018 di Tano Batak bertujuan antara lain untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu dari 10 destinasi pariwisata nasional.

 

Maksud dan tujuan dari acara Launching Paskah ini adalah untuk menggaungkan dan menyosialisasikan agar terdengar dari sekarang guna diketahui khalayak luas khususnya masyarakat internasional. Sehingga pada saat hari ‘H’ banyak turis asing datang ke Danau Toba,” Demikian dikatakan Dr.Ir. Serirama Butarbutar, SH, MH, Ketua Panitia Launching, pada Launching Paskah Nasional 2018 di Tano Batak yang digelar di Auditorium Kementerian Pariwisata, Jln Medan Merdeka Barat No 17, Jakarta Pusat. (5/2/18)

 

Ungkap Serirama Butarbutar lagi,  Paskah Nasional 2018 yang merupakan ke-14 kali di Tano Batak akan digelar, Kamis-Minggu 12-15 April 2018 mendatang, dengan lokasi Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). Perayaan mengambil tema “Karya Terbesar (Yohanes 3:16) dan sub-tema “Merawat Keutuhan Ciptaan-Nya”.

 

Dr. Ir. Serirama Butarbutar, SH, MH., yang merupakan mantan Hakim Pengadilan Pajak ini menjelaskan, setelah di-launching Paskah Nasional 2018 selanjutnya diserahkan ke Panitia Pelaksana mengenai teknis penyelenggaraannya.

 

Paskah Nasional 2018 ini bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata, Kementerian Agama, melibatkan Pemda setempat, serta Unit Kerja Presiden Pembinaan Pancasila (UKPPP). Karena selain kerohanian Kristiani, melalui Paskah Nasional ini juga akan disuarakan tentang kebangsaan, promosi kearifan budaya lokal, serta menumbuhkan kepariwisataan di Kawasan Danau Toba,” paparnya.

 

Yang dipercaya sebagai Ketua Umum Panitia Pelaksana Paskah Nasional 2018 tersebut adalah Wakil Gubernur Sumut Brigjen TNI (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH., MH.

 

Baca juga  3 Teknologi Kedokteran Gigi ini Pikat Peserta Konferensi IDEC 2019

Dalam kata sambutannya, Nurhajizah Marpaung, menyatakan,“Inilah saatnya, kita menunjukkkan bahwa di Provinsi Sumatera Utara terdapat satu rahasia, warisan Tuhan yang sangat elok. Terdapat 8 kabupatan di wilayah ini yang memiliki kelebihan dari yang ada di luar negeri. Selama menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) saya sudah 30 negara saya singgahi dan tidak ada kekayaan alam seindah Danau Toba.”

 

Acara Launching Paskah Nasional 2018 tersebut diawali dengan ibadah dengan liturgis Pdt. Haposan Sianturi. Refleksi Paskah disampaikan Mantan Ephorus HKBP,  Pdt Dr SAE Nababan, LLM. Doa syafaat dipanjatkan Pdt Dr Binsar Pakpahan.

 

Setelah itu Ketua Umum Lembaga Paskah Nasional, Pdt Dr A Shephard Supit, melantik Panitia Pelaksana Paskah Nasional 2018. Mereka diberangkatkan dengan doa yang dipanjatkan Praeses HKBP Distrik VIII DKI Jakarta Pdt Midian KH Sirait MTh. Kepanitiaan dipimpin Brigjen TNI (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH (Ketua Umum). Ir Dumoly Freddy Pardede MBA (Wakil Ketua Umum). Ir Bonar Sirait MSi (Ketua Pelaksana Harian). Ketua Wilayah/Kabupaten terdiri dari Drs KRA Johnny Sitohang (Bupati Dairi), Dosmar Banjanahor SE (Bupati Humbahas), Terkelin Brahmana SH (Bupati Karo), Ir Remigo Berutu MBA (Bupati Pakpak Bharat), Drs Rapidin Simbolon MM (Bupati Samosir), Dr Jopinus R Saragih SH MH (Bupati Simalungun), Dr Nikson Nababan MSi (Bupati Tapanuli Utara), dan Ir Darwin Siagian (Bupati Toba Samosir). Kepanitiaan dilengkapi dengan jajaran Sekretaris, Bendahara, dan berbagai bidang lainnya.

 

Bertema ‘Karya Terbesar’ (Yohanes 3:16) dan sub-tema ‘Merawat Keutuhan Ciptaan-Nya’, Launching (Peluncuran) Paskah Nasional 2018 juga mernempatkan para bupati se-wilayah Sumatera Utara, yaitu Drs. KRA. Johnny Sitohang (Bupati Dairi), Drs. Dosmar Banjar Nahor (Bupati Humbahas), Terkelin Brahmana., SH (Bupati Karo), Ir. Remigo Brutu (Bupati Pakpak Barat), Drs. Rapidin Simbolon., M.Si (Bupati Samosir), Dr. Jopinus R Saragih (Bupati Simalungun), Drs. Nikson Nababan., M.Si (Bupati Tapanuli Utara), dan Ir. Darwin Siagian (Bupati Toba Samosir) sebagai Ketua Wilayah/Kabupaten.

 

Dr. Ir. H Tengku Erry Nuradi., M.Si (Gubernur Sumatera Utara ke-18) didapuk sebagai Pembina bersama Prof. Dr. Thomas Pentury., M.Si (Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama) dan Pdt. Dr. Alma Shephard Supit (Ketua Umum Lembaga Paskah Nasional). Tampil sebagai Pengarah adalah Ephorus (Emeritus) Dr. SAE Nababan., LLD (Ketua Dewan Gereja Dunia periode 2009-2013) dan Pimpinan Sinode Gereja-gereja se-Sumatera Utara sebagai Anggota. Penasehat diketuai Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Panjaitan (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman) dan didampingi anggota-anggota, yaitu Romo Prof. Dr. Frans Magnis Suzano SJ, Olly Dondokambe., SE (Gubernur Sulawesi Utara), Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama), Irjen Pol (Purn) Dr. Drs. Ronny Franky Sompie., SH., MH (Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia), Yasonna Hamonangan Laoly., SH., M.Sc (Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia), Prof. Dr. Yohana Susana Yembise (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Drs. Enggartiasto Lukita (Menteri Perdagangan), Ignasius Jonan (Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral), Laksamana Madya (Purn) TNI Fred Lonan (Mantan Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional), Letjen TNI (Purn) Cornel Simbolon, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumatera Utara. Presiden Republik Indonesia ke-7 (Ir H Joko Widodo) dan Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan 12 (Dr HC Drs H Jusuf Kalla) sebagai Pelindung.

 

Pdt. Dr. Shephad Supit, dalam sambutannya, menyatakan, oleh Anugerah Tuhan, Paskah Nasional yang dimulai pada tahun 2005, atas inisiasi warga gereja dapat berlangsung setiap tahun secara rutin dan pada tahun 2018 ini sudah memasuki yang ke-14 kalinya. “Waktu Paskah Nasional XIII di Manado dan Tondano (Sulawesi Utara) yang diketuai Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambe., SE disertai Pekan Kerunan Nasional yang dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Dr. HC. Drs. H Jusuf Kalla. Pada saat itu ditunjuk bahwa Paskah Nasional XIV tahun 2018 di Kawasan Danau Toba (Sumatera Utara). Syukur kepada Tuhan kita dapat me-launching, memperkenalkan, mendukung, mensosialisasikan Paskah Nasional 2018 di Tano Batak. Acara ini akan memberkati teman-teman di Sumatera Utara, seluruh Nusantara, bahkan luar negeri. Potensi sumber daya manusia, budaya, alam yang Tuhan karuniakan kepada saudara-saudara kita di Tano Batak.”

 

 

Baca juga  Diskusi Nasional “Reklamasi: Kebutuhan atau Keinginan?” Memadukan Kepentingan Sosial Dan Ekologi Di Tengah Peluang Investasi

Launching dihadiri sekitar dua ratus umat yang memadati auditorium Kementerian Pariwisata dan dimeriahkan oleh musik Gondang dan artis Maya Rumantir. Pada kesempatan tersebut juga dikukuhkan Panitia Paskah Nasional 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here