Pdt. Jacobus Manuputty: Guru, Sosok Yang Digugu Dan Ditiru 

0
377

 

 

” G U R U ” adalah orang yang pekerjaan atau profesinya mengajar (KBBI), dan karena itu seluruh fokus perhatiannya ialah mengajar dan mengajar, bukan yang lain. Hampir seluruh hidupnya diabdikan untuk memberikan pengajaran kepada murid-muridnya, kapan saja dan dimana saja.

Karena itu ada berbagai gelar yang diberikan kepada para guru sebagai ” Pahlawan tanpa tanda jasa ” atau ” pejuang tanpa bayaran “. Merekalah sosok yang bisa digugu dan ditiru dan menjadi contoh serta teladan atau “role model” kita.   Menilik profesi guru maka ada minimal 3 hal penting dan menarik dari seorang guru, antara lain :

 

1. PRIBADI MULIA :

Karena melalui seorang gurulah, kita mengenal baik buruk, benar salah, wajar tidak wajar dan banyak hal tentang kehidupan ini. Karakter kita dibentuk, emosi kita diarahkan, motivasi kita diluruskan, pikiran kita disejukkan, dan otak kita diisi. Dari manusia biasa kita menjadi manusia yang beradab, dari manusia tanpa apa-apa kita menjadi manusia yang berpengetahuan. Itulah mulianya profesi seorang guru bagi kita.

 

2. PRIBADI BERTANGGUNG-JAWAB :

Demi profesi mulianya, seorang guru bertanggung-jawab terhadap baik buruknya anak didiknya. Seorang guru tidak hanya bertanggung-jawab terhadap keselamatan fisik anak-anak binaannya, tetapi juga keselamatan jiwanya. Lewat seorang gurulah, para anak didik belajar hidup bertanggung-jawab sejak dini. Tetapi tanggung-jawab ini juga kepada Tuhan yang memberi tugas-tugas mulia ini, itulah kesadaran Imannya.

 

3. PRIBADI YANG DICINTAI :

Sekalipun didikan seorang guru kadang keras dan penuh disiplin, tetapi mereka adalah pribadi yang dicintai oleh anak didiknya. Walaupun seorang guru kadang disebut “killer”, tetapi mereka tetap pribadi yang disegani, dihargai dan dihormati. Mereka kadang “dimusuhi” karena ketegasan sikapnya yang tidak kenal kompromi, tetapi mereka tetap pribadi yang dicintai terutama setelah anak didiknya telah berhasil.

Baca juga  Gerakan Masyarakat Sipil (GEMAS): Sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

 

Inilah sosok seorang guru yang hari ini diberi penghormatatan dengan peringatan” HARI GURU NASIONAL “. Terimakasih Bapak Ibu Guru, kami doakan keberhasilanmu. Kiranya Tuhan memberkatimu selalu!

 

Selamat ” HARI GURU NASIONAL”, selamat mengabdi guruku! Gb.  jm.  251117. Tuhan Memberkatimu dimanapun kau berada!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here