Gerak Bersama Melawan Kekerasan Seksual dengan Berlari 

0
1366

Jakarta, Suarakristen.com

 

 

FightBack Run 2017

 

28 Oktober 2017

 

Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) & jaringan masyarakat sipil yang tergabung dalam #GerakBersama1 akan menyelenggarakan kegiatan Fun Run bertajuk “FightBack Run” #GerakBersama #AgainstSexualViolence pada 26 November 2017 di Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menggalang dukungan masyarakat luas untuk bersama-sama mendesak pemerintah mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual agar kebutuhan korban untuk mengakses keadilan dan pemulihan dapat segera terwujud. Bersamaan dengan hal tersebut, para peserta lari juga akan diajak untuk berdonasi kepada Pundi Perempuan2.

 

Telah dibuka sejak 17 Oktober lalu pelari dapat mendaftarkan diri dan berdonasi melalui websitewww.fightbackrun.race.id dengan harapan 1,000 peserta akan bergabung.  Keikutsertaan masyarakat dalam kegiatan ini menjadi bukti nyata dukungan bagi pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual dan penggalangan donasi bagi Pundi Perempuan.

 

Bertepatan dengan momentum Hari Sumpah Pemuda, Komnas Perempuan mengajak semua elemen masyarakat Indonesia khususnya generasi muda untuk bergerak bersama menciptakan budaya bebas kekerasan melalui kegiatan Fight Back Run 2017!

 

Kegiatan ini merupakan inisiatif dari masyarakat sipil yang resah melihat maraknya kasus kekerasan seksual. Menurut data Catatan Tahunan Komnas Perempuan, setidaknya setiap tahun ada 6.000 – 6.500 kasus kekerasan seksual yang dilaporkan dan ditangani. Di saat yang bersamaan, belum ada payung hukum untuk melindungi korban kekerasan seksual. Oleh karena itu, melalui kegiatan lari ini, diharapkan Negara segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual yang berpihak pada korban.

 

“Kegiatan ini digagas oleh Indonesia untuk Kemanusiaan sebagai organisasi pengelola Pundi Perempuan. Didasari fakta bahwa banyak korban belum tertangani karena terbatasnya pendanaan pendampingan korban kekerasan.” Kata Anik Wusari, Direktur Eksekutif IKa.

Baca juga  Forum Penyelamat Demokrasi dan Reformasi (F-PDR) Meyakini Hakim MK Gunakan Hati Nurani dan Akal Sehat

 

“FightBack Run” #GerakBersama #AgainstSexualViolence sekaligus menjadi kegiatan Kick Off Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan3 yang setiap tahunnya diselenggarakan pada 25 November-10 Desember. Pada tahun 2017, Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan mengambil tema #GerakBersama, sahkan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual yang berkualitas dan berpihak pada korban!

 

Kontak Narahubung untuk wawancara

Elwi Gito (081287996922)

Gracia Adiati (085642757414)

 

Keterangan

1Jaringan #GerakBersama merupakan jaringan masyarakat sipil yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung dan mendukung pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual yang berkualitas dan berpihak pada korban.

2Pundi Perempuan merupakan wadah penggalangan dana publik yang diperuntukkan bagi Women’s Crisis Center (WCC) untuk penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Indonesia.

3Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16 Days of Activism against Gender Violence) merupakan kampanye internasional untuk mendorong upaya-upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di seluruh dunia. Setiap tahunnya kegiatan ini berlangsung dari 25 November (Hari Internasional Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan) hingga 10 Desember (Hari HAM Internasional). Dipilihnya rentang waktu tersebut adalah dalam rangka menghubungkan secara simbolik antara kekerasan terhadap perempuan dan HAM serta menekankan bahwa kekerasan berbasis gender merupakan salah satu bentuk pelanggaran HAM.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here