Kementrian Desa, PDTT selenggarakan Sarasehan Kebangsaan Refleksi HUT RI ke 72

0
546

Jakarta, Suarakristen.com
21 Agustus 2017-

Dalam rangka memperingati Hari ulang tahun Republik Indonesia ke 72, Direktorat Jendral Pembangunan Kawasan Pedesaan. Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transm8grasi menyelenggarakan Sarasehan Kebangsaan dengan tema ” Mengibarkan Bendera Pembangunan, Desa dan Kawasan Pedesaan.” Acara ini digelar pada 21 Agustua 2017 di kantor Kementrian Desa, PDTT.

Sarasehan Kebangsaan menghadirkan swjumlah narasumbet yaitu, Eko Sulistyo (Deputi IV Kantor staff Presiden), Hendri Saparini (Komite Ekonomi dan Industri Nasional), Trie Utami (Musisi dan Pegiat 0esa), serta, Ahmad Erani Yustika ( Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan) dan akan simoderatori oleh Chalid Muhamad (Pengamat Lingkungan dan sosial).

Kegiatan Sarasehan kebangsaan akan diikuti juga oleh 50 orang perwakilan dari 25 kabupaten/kotq dan seluruh pimpinan dan staff di lingkungan Direktorat Jenderal Pembangunan Kawasan Pedesaan dan unit eselon 1di lingkungan Kemwntrian Desa PDTT, para akademisi, NGO, serta para pegiat desa.

Selain dimaksudkan sebagai momen silaturahmi para pegiat desa, kegiatan ini diharapkan cepat meneguhkan komitmen bersama untuk menjalankan program prooritas Presiden untuk membangun dari pinggiran (Desa/pedalaman). Dalam dua tahun terakhir , Kegiatan pembangunan dan pemberdayaan di Desa mencapai hasil mengagumkan.Meskipun masih menyisakan kelemahan, tetapi desa mampu mwnyajikan bukti pencapaian yang belum pernah terjadi dalam sejarah republik.

Ke depan, desa tidak terisolasi. tetpisah oleh sekat dan terdorong untuk berjalan sendiri dalam sepi. Desa harus berkolaborasi dan membangun konsensus dalam lapangan yang lebih Luas.” tegas Dirjen PKP Ahmad Erani Yustika. Kawasan Pedesaan harus menjadi pangkal dari pendanaan dan pembesaran pembangunan Desa. Pembangunan Ekonomi Desa harus di kembangkan dengan skala ekonomi yang memadai melalui kerjasama antar desa dalam suatu Kawasan Pedesaan.

Baca juga  Dr. H.P. Panggabean, S.H., M.S.: Refleksi Ke-75 Kemerdekaan RI Sebagai Upaya Memberdayakan Hukum Adat Suku Mendukung Harapan Indonesia Maju Tahun 2045

Dalam mendukung hal tersebut. PDDT melalui Dirjen PKP mendorong berbagai program PEMBERDAYAAN dan pembangunan Kawasan. melalui peningkatan prasarana dan sarana. Pengembangan ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam dikawasan pedesaan yang akan di kembangkan menjadi komoditas unggulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here