Film “Nyai Ahmad Dahlan”: Ibu, Guru, Sahabat…

0
588

 

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

 

IRAS FILM mempersembahkan sebuah film biopic, sosok pahlawan nasional lndonesia, ibu Siti Walidah yang juga dikenal sebagai Nyai Ahmad Dahlan yang merupakan tokoh perempuan dari Kauman, Yogyakarta. Film ini siap menghias layar bioskop Indonesia dan tayang perdana 24 Agustus 2017. “Film Nyai Ahmad kami angkat sebagai film layar lebar sebagai persembahan dari IRAS FILM untuk bangsa indonesia, Muhammadiyah, Aisyiyah dan Keluarga Besar Kyai Haji Ahmad Dahlan. Dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air dan bangga pada sosok pahlawan nasional kita…” jelas Bapak Asrul Azis Taba, executive produser lras Film.

 

Nyal Ahmad Dahlan mendapat Pahlawan Nasional, bukan karena beliau adalah istri KHA Dahlan Pendiri Persyarikatan Muhammadiyah pada tahun 1912. Namun Nyai Ahmad Dahlan adalah seorang pelopor, Penggerak. Beliau cerdas luar biasa. Nyai Ahmad Dahlan yang dilahirkan pada tahun 1872 adalah pendiri gerakan perempuan ‘Sopo Tresno’ yang kemudian bernama Aisyiyah. Melalui organisasi wanita Aisyiah, Siti Walidah atau Nyi Ahmad Dahlan sangat membantu perjuangan kemerdekaan. Di awal revolusi, beliau menggerakkan kaum wanita untuk mendirikan dapur umum. Beliau juga rajin bertukar pikiran tentang perjuangan dengan Presiden Soekarno dan Jenderal Sudirman. ”Dan beliau merupakan perempuan pertama yang pernah memimpin Kongres Muhammadiyah tahun 1926…” tambah ibu Irmawati Mochtar Asrul.

 

Film yang mengambil lokasi syuting di Yogyakarta pada bulan April lalu, dibintangi oleh Tika Bravani sebagai Nyai Ahmad Dahlan, David Chalik sebagai Kyai Ahmad Dahlan, Cok Slmbara, Della Puspita, Rara Nawangsih, Egi Fedly, Malvino Fajaro, lnne Azri dan disutradari oleh Olla Ata Adonara. “Bagi kami membuat film ini adalan amanah luar biasa. Sosok beliau sangat hebat. Setiap perjalanan hidup Nyai Ahmad Dahlan sangat inspiratif. Beliau benar-benar uswatun hasanah bagi umat. Dalam durasi 98 menit insyaallah kami berusaha gambarkan siapa beliau. Sosok Nyai Ahmad Dahlan sebagai istri…ibu…guru…sahabat…dan pejuang,” jelas Dyah Kalsitorini, Produser sekaligus penulis skenario Film Nyai Ahmad Dahlan. Dyah Kaisitorlni, lulusan Arkeologi UGM Yogyakarta ini, saat membaca biografi singkat Nyai Ahmad Dahlan merasa bergetar membayangkan sosok beliau saat itu. “Alhamdullilah, Allah takdirkan ibu lrmawati dan Bapak Asrul Azis Taba sebagai executive produser yang ingin bersyiar melalui film. Kami sangat ingin membuat fllm yang bukan hanya sekedar tontonan. Tapi juga tuntunan…” tambah Dyah Kalsitorini yang selama pembuatan naskah memerlukan riset 6 bulan dan didampingi pihak keluarga besar Nyai Ahmad Dahlan karena minimnya data tentang beliau.

Baca juga  Forum Kerjasama Ormas Kristen (FK-OK)  Gelar FGD Tentang Dinamika dan Isu-isu di Tubuh KPK

 

“Alhamdulillah keluarga besar Kyai Ahmad Dahlan, Muhammadiyah dan Aisyiyah mendukung pembuatan film ini. Satu hal yang membuat kami terharu adalah, 90% pemain dalam film ini adalah keluarga besar Kyai Ahmad Dahlan, tokoh Aisyiyah dan Muhammadiyah. Dan semua berhasil memerankan dengan sangat baik dan menjiwai. Kami merasakan semangat ukhuwah dan kekeluargaan yang tak dapat kami lukiskan lagi dengan kata-kata. Semua sangat tulus membantu proses pembuatan film ini. Beberapa pemain antara lain Dahnil Anzar Simanjuntak ketua umum PP Muhammadiyah yang memerankan Kyai Fakhrudin, Diyah Puspltarlni, ketua Nasyiatul Aisyiyah yang memerankan Munjiyah, Film ini diperkuat dengan soundtrack ClNTA MELAMPAUI ZAMAN yang diciptakan oleh lzzul Muslimin dan dinyanyikan oleh Rara Tarmizi, pemenang AMI AWARDS 2016. Untuk music scoring dipegang oleh Tya Subiakto yang luar biasa banyak pengalamannya di dunia film.

 

”Kami sudah menghadap bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bapak Muhadjir Effendi Minggu lalu. Beliau menyatakan bahwa pemerintah sangat mensupport film-him nasional yang dapat menumbuhkan semangat dan nilai nilai perjuangan. Beliau mengimbau agar masyarakat dapat menjadikan Film Nyai Ahmad Dahlan sebagai tontonan dan sekaligus tuntunan karena sangat mendidik…” tambah Dyah Kalsitorini. ”Film Nyai Ahmad Dahlan hadir pada saat yang tepat, Ketika bangsa Indonesia merindukan sosok yang bisa menjadi teladan, yang bersedia mengabdikan sebagian besar hidupnya untuk kepentingan umat dan bangsa”, tutur bapak Muhadjir saat ditemui tim IRAS FILM di kantor mendikbud. Selamat menyaksikan film NYAI AHMAD DAHLAN. Semoga film ini akan membawa kebaikan bagi para penonton.

 

FILM NYAI AHMAD DAHLAN

 

1. Executive produser : H. Asrul Azis Taba, Hj. Irmawati Mochtar

Baca juga  FORUM LINTAS HUKUM INDONESIA: QUO VADIS KPK PASCA AGUS RAHARDJO, DKK. ATAS NAMA PIMPINAN KPK MENGEMBALIKAN MANDAT PIMPINAN KPK KEPADA PRESIDEN.

2. Producer : Dyah Kalsitorini, Widyastuti

3 Line producer : Rifat Rasjim, Ririn fx

4.Skenario : Dyah Kalsitorini

5.DOP : Zetta Alpha Maphilindo

6. Art : Opung cs

7. Make Up : Ocha, Atiek

8. Kostum : Rifa

9. Pimpro: Agus Wahyudi

10. Talent:  Ponco, Mahfud

11. Editor: Bimmo Dj, Safira, John Wayne

12. Music: Tya Subiakto

13. Sound Man: Oedin, Rizky

14. Mixing: Mangkil

15. Grading: Pulung Studio

 

(Hotben)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here