Anak Allah Lebih Tinggi dari Malaikat-Malaikat

0
3679

Oleh: Pdt. Andreas Loanka

 

 

BGA dari  Ibrani 1:4-14

 

Ibrani 1:1-4 menyatakan bahwa Tuhan Yesus jauh lebih tinggi dari para Nabi. Dan Ibrani 1:5-14 menyatakan bahwa Ia jauh lebih tinggi dari malaikat-malaikat.

 

Tuhan Yesus adalah Anak Allah, malaikat-malaikat bukan. Hanya kepada Yesus, dan tidak kepada satupun di antara malaikat-malaikat itu, Allah pernah katakan: “AnakKu Engkau! Engkau telah kuperanakkan pada hari ini” dan “Aku akan menjadi Bapa-Nya” (Ibr. 1:5).

 

Tuhan Yesus tidak melayani malaikat-malaikat, tetapi malaikat-malaikat yang melayani-Nya. Ketika Tuhan Yesus turun dari sorga ke dunia, Bapa memerintahkan malaikat-malaikat untuk melayaninya (Ibr. 1:6-7).

 

Tuhan Yesus Mahakekal, Mahaadil dan Mahabesar, malaikat-malaikat adalah mahkluk ciptaan yang memiliki keterbatasan. Takhta-Nya tetap untuk seterusnya dan selamanya. Tongkat kerajaan-Nya adalah tongkat kebenaran. Ia mencintai keadilan dan membenci kefasikan. Ia yang menciptakan langit dan bumi. Semuanya adalah fana dan akan diubah, tetapi Ia tetap ada dan tetap sama (Ibr. 1:8-12).

 

Tuhan Yesus duduk di sebelah kanan Bapa, malaikat-malaikat tidak. Hanya kepada Yesus, dan tidak kepada siapapun di antara malaikat itu pernah Ia berkata: “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu.” Para malaikat adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan. Tuhan Yesus, setelah menyelesaikan karya keselamatan bagi manusia melalui kematian dan kebangkitan-Nya, naik ke sorga dan duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang Mahakuasa (Ibr. 1:13-14).

 

Selamat pagi dan Tuhan memberkati.

Salam dan doa dari

Pdt. Andreas Loanka

GKI Gading Serpong

Baca juga  Prof. Syarifudin Tippe: Atasi Covid-19 Terapkan Pertahanan Semesta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here