Yayasan Aisyah Kembali Selenggarakan Pelatihan Entrepreneurship Bagi Masyarakat Kecil dan Menengah

0
1187
Pengurus Inti Yayasan Aisyah

 

Jakarta, Suarakristen.Com

 

“Pelatihan Entrepreneurship yang disekenggarakan oleh Yayasan Aisyah pada tanggal 21 Juni 2017 ini adalah pelatihan dasar kewirausahaan (bisnis) untuk memberikan pemahaman dan gambaran umum tentang peranan, klasifikasi, dan berbagai aspek, strategi dan lingkungan tentang kegiatan bisnis.  Pelatihan kewirausahaan ini  diarahkan pada pemahaman konsep dasar fungsi-fungsi bisnis utama, pengelolaan organisasi bisnis, penyusunan struktur organisasi, manajemen sumberdaya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dana manajemen operasi secara umum dan komprehensif.

 

Tujuan Pelatihan Kewirausahaan ini adalah agar setiap peserta  dapat memahami pengertian bisnis dalam tata ekonomi nasional maupun internasional, dan memberikan pengantar dalam memahami  isi yang berkaitan dengan berbagai bidang kehidupan bisnis.”demikian disampaikan oleh Ketua Yayasan Aisyah, Abdul Karim Sahabu, kepada pers,di sela-sela Acara Pelatihan Entrepreneurship, di kantor Yayasan Aisyah (21/6/17), Jalam Kalibaru Barat  III Cilincing, Jakarta Timur.

 

Sementara itu, Salah seorang Pendiri Yayasan Aisyah, H. Husaini, S E., menyatakan,”Manfaat bagi para peserta Latihan Wirausaha ini adalah agar setiap pserta yang ingin menjadi penhusaha bisa memahami pendekatan dasar dalam manajemen  bisnis, dan mampu mengaplikasikannya dalam praktik empirik, sehingga terbentuk entrepreneur yang tangguh dalam mengelola seluruh aspek kehidupan usaha (bisnis) secara komprehensif dan mandiri. Mulai dari pendekatan pada klien/konsumen, penggalian ide–ide bisnis, mengasah sensitivitas intuisi bisnis, sampai pada keyakinan-keyakinan dalam perilaku bisnis.

 

Pelatihan Enrepreneurship Yayasan Aisyah tidak hanya bicara soal sistem dan metode berdagang atau berbisnis semata, tetapi menyangkut karakteristik, sifat, jiwa, bahkan spirit dari esensi sebuah bisnis.

 

Lingkup materi Pelatihan ini mencakup antara lain: Pengertian Kewirausahaan, Lingkungan dan Jaringan Bisnis dalam Kewirausahaan; Mengenali Perilaku Bisnis; Menciptakan Model Bisnis Inovatif (Jiwa wirausaha); Psikologi Bisnis; Manajemen Operasi. Metode Pelatihan: Ceramah umum ; Tanya jawab dan  Diskusi (Sharing).”

Baca juga  Sektor Pariwisata Diharapkan Mampu Dorong Geliat Ekonomi Nasional

 

 

Dijelaskan oleh M. Rizki, S.T., ” Yayasan Aisyah didirikan pada tahun 1996. Yayasan ini bergerak di bidang  sosial keagamaan Islam, pendidikan dan kemanusiaan. Yayasan ini telah mengadakan pendidikan dasar seperti TK 57 (siswa), RA, PKBM, Majelis Taklim. Sebagian besar siswa di sekolah Aisyah ini mendapat beasiswa pendidikan dari Sekolah.

 

Para peserta pelatihan wiraswata ini sebagian besar datang dari pedagang kaki lima, pelaku UKM, anggota beberapa koperasi, warga masyarakat kecil dan menengah,  anggota jemaah dan pengurus Majelis Taklim di lingkungan Yayasan dan Sekolah tersebut. Jumlah peserta pelatihan ini sekitar 70 orang. Yayasan Aisyah berkomitmen untuk melatih 1000 orang pengusaha pengusaha sukses skala UKM.

 

Di sela-sela Pelatihan ini Pihak Yayasan Aisyah juga memberikan santunan kepada 110 Keluarga.

 

Acara Pelatihan Wirausaha ini diselenggarakan dengan bekerja-sama dengan Tim OKE-OCE Anis & Uno, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih.

Hadir dalam acara tersebut antara lain  H.Hadijah, Nurma Tarmizi, Para Instruktur dari Program Oke-Oce, dan tokoh-tokoh masyarakat sekitar Lingkungan Sekolah dan Yayasan Aisyah. (Hotben Lingga)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here