PRESS RELEASE: Peluncuran Produk Reksa Dana Syailendra Equity BUMN Plus

0
1201

 

 

Jakarta, 3 Mei 2017 – PT. Syailendra Capital (“SYAILENDRA”), akan meluncurkan produk reksa dana Syailendra Equity BUMN Plus pada beberapa hari mendatang. Produk ini dibuat agar dapat memberikan hasil investasi yang optimum melalui investasi dengan prioritas pada Efek bersifat ekuitas, yang diterbitkan oleh Badan Usaha Milik Negara (“BUMN”) atau anak perusahaan BUMN.

Beberapa pertimbangan mengapa SYAILENDRA memilih saham BUMN antara lain :

 Perusahaan BUMN menguasai sektor – sektor penting yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak. Pada beberapa sektor, perusahaan BUMN memiliki pangsa pasar terbesar, memiliki profitabilitas yang baik, dan seringkali menjadi price & market leader pada industry nya.

 Saham grup BUMN memiliki total kapitalisasi Pasar sebesar Rp 1,383 Triliun, atau mencerminkan 24% dari total kapitalisasi IHSG. Sedangkan gabungan Laba Bersih saham grup BUMN (per FY2015) adalah Rp 89Tr, atau sekitar 52% dari Laba Bersih seluruh Perusahan di IHSG.

 Performa backtest saham dari Perusahaan BUMN selama 7 tahun terakhir (2010-2016) mencatatkan performa yang baik, dibandingkan dengan benchmark indeks LQ45 dan IHSG.

Kebijakan investasi Syailendra Equity BUMN Plus adalah minimum 80% (delapan puluh persen) dan maksimum 100% (seratus persen) pada Efek bersifat ekuitas. Ketentuan minimum pembelian Rp. 1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) untuk pembelian pertama kali dan pembelian berikutnya.

Pada bulan lalu, SYAILENDRA mendapatkan penghargaan Reksa Dana Pasar Uang Terbaik kategori 1 tahun versi APRDI-Bloomberg yaitu produk Syailendra Dana Kas yang mencetak return 1,85% sepanjang Januari-Maret 2017. Dari sisi kinerja, reksa dana pasar uang ini mencetak return 0,61% dalam 1 bulan atau 1,85% dalam 3 bulan. Syailendra Dana Kas masuk dalam top 5 reksa dana pasar uang dengan return tertinggi sepanjang Januari-Maret 2017.

Baca juga  DuniaFintech.com Berikan Penghargaan 10 Startup Fintech Digital Terbaik

Sebagaimana yang diutarakan oleh Direktur Utama SYAILENDRA, Bapak Fajar R. Hidajat,”Target pertumbuhan dana kelolaan SYAILENDRA sekitar 35% – 40% pada tahun ini, yakni dari Rp6,7 triliun menjadi Rp9 triliun-Rp9,5 triliun. Selain itu, SYAILENDRA akan meluncurkan 5 produk reksa dana baru yang terbagi dalam beberapa asset class.”

Sekilas PT. Syailendra Capital

SYAILENDRA adalah perusahaan Manajer Investasi (MI) yang telah beroperasi di Indonesia dengan izin BAPEPAM sejak tahun 2006. Dengan didukung oleh tenaga profesional yang berkualitas sesuai dengan ijin yang diberikan oleh BAPAPEM dan LK, SYAILENDRA akan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada para nasabahnya.

SYAILENDRA merupakan salah satu dari 20 manajer investasi yang terbesar di Indonesia. Total Dana Kelolaan SYAILENDRA hingga akhir April 2017 mencapai Rp8,5 Triliun termasuk produk Reksa Dana Tertutup yaitu Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) dan Discretionary Funds (DF).

Jenis Reksa Dana Syailendra – 28 April 2017

No

Asset Class

AUM

(IDR Miliar)

1 Reksa Dana Saham

2,533.1

2.Reksa Dana Penyertaan Terbatas

1,926.3

3.Reksa Dana Terproteksi

1,582.7

4. Reksa Dana Pasar Uang

1,307.9

5.Discretionary Funds

692.7

6.Reksa Dana Campuran

305.6

7.Reksa Dana Pendapatan Tetap

174.9

TOTAL AUM

8,523.5

Tahun 2017 ini, SYAILENDRA telah meluncurkan 3 Reksa Dana baru antara lain Reksa Dana Terproteksi terdiri dari Syailendra Capital Protected Fund 15 dan Syailendra Capital Protected Fund 17. Reksa Dana Pendapatan Tetap yaitu Syailendra Pendapatan Tetap Premium. Selain itu, ada juga produk Reksa Dana yang telah mendapatkah surat efektif dari OJK antara lain Syailendra Equity BUMN Plus (Reksa Dana Saham) dan Syailendra Strategic Income Fund (Reksa Dana Pendapatan Tetap).

Hingga saat ini SYAILENDRA mengelola 36 (Tiga Puluh Enam) Reksa Dana berbentuk KIK yang terdiri dari 9 Reksa Dana Saham, 4 Reksa Dana Campuran, 10 Reksa Dana Proteksi, 2 Reksa Dana Pasar Uang dan 4 Reksa Dana Pendapatan Tetap. Serta 7 Reksa Dana Penyertaan Terbatas/Reksa Dana Syariah Penyertaan Terbatas.

Baca juga  Evaluasi Kinerja 100 Hari Pemerintahan Jokowi Ma'ruf Amin Politika Research and Consulting (PRC) Parameter Politik lndonesia (PPI)

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :

PT. Syailendra Capital

Ratih T.Wijayanti

Marketing Communications

514 00 888

ratih@syailendracapital.com

www.syailendracapital.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here