Rektor UKI Dr. Maruarar Siahaan, S.H.: Alumni UKI Harus Siap Melayani Bangsa; Menjadi Garam, Terang dan Agen Kemajuan Indonesia

0
1248
UKI kembali mewisuda 911 lulusan
UKI kembali mewisuda 911 lulusan

Oleh: Hotben Lingga

Jakarta, Suarakristen.com

“UKI sebagai perguruan tinggi memiliki tanggung-jawab moral dan sosial kepada negara, bangsa dan masyarakat. UKI, sebagai perguruan tinggi Kristen yang mewakili Gereja dalam dunia pendidikan tinggi. telah berupaya secara optimal melakukan tugasnya dalam melaksanakan proses pendidikan, dengan melaksanakan fungsi dan peran pendidikan tinggi melalui Tri Dharma yaitu kegiatan di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. UKI mendidik manusia dan masyarakat agar menjadi pemimpin yang transformatif dan agen pembangunan bangsa. UKI berusaha memperlengkapi para mahasiswanya agar sepenuhnya menjadi orang yang bertanggung-jawab, dewasa, berkualitas dan berintegritas . UKI juga menanamkan nilai-nilai kemanusiaan yang universal pada mahasiswa dan masyarakat, melalui pendidikan holistik.

Kesulitan dan tantangan di hadapan Anda semua tidak ringan, bahkan boleh dikatakan sungguh berat, anda semua harus mampu menetapkan pilihan jalan yang ditempuh yang harus didasarkan kepada penilaian yang mau tidak mau harus menghindari sikap inkonsisten dengan nilai dasar, dan harus berpihak pada kebenaran dan berdiri bersama dengan sikap servant leadership, yang tidak berpikir diri sendiri, it is not about me, tetapi tentang Tuhan yang mengutus kita di UKI dan mempersiapkan mahasiswanya dengan compasionate-commitmen-confidence- dan competence. Proses belajar telah memampukan Anda untuk memperoleh id-ide dan konsep konsep sehingga telah mempertajam wawasan Anda. Anda memperoleh keterampilan yang tepat untuk tujuan karir Anda. Memperoleh komitmen kepada pembelajaran seumur hidup. Para sarjana lulusan UKI diharapkan menjadi pemimpin yang inspiratif, transformatif dan menjadi teladan. Jadilah sarjana yang effektif dan unggul dunia akademis, market place, pemerintahan, dan dalam semua lini kehidupan.

Kita sadar bahwa kita harus mengejar ketertinggalan kita, baik dalam seluruh parameter untuk PTS sehat yang sesungguhnya. Saat ini UKI sedang berusaha keras agar bisa menjadi perguruan tinggi nasional unggulan. Kita akan terus memperkuat jejaring kemitraan dan kerja-sama regional, nasional dan internasional, agar UKI menjadi salah satu PTS prestisius. Saat ini kita tengah memasuki era pasar bebas di lingkungan ASEAN yang menyangkut pergerakan modal, barang, dan jasa secara terbuka, tentunya persaingan dengan tenaga kerja dari negara-negara tetangga dari ASEAN menjadi lebih kuat. Oleh karenanya, wisuda saudara-saudara hari ini justru menjadi awal dari proses pembelajaran baru untuk memperlengkapi diri dengan soft skill yang sangat diperlukan dalam melaksanakan tugas-tugasnya. For UKI graduates, there is no journey’s end, it is a never ending process.”Demikian disampaikan Rektor UKI Dr. Maruarar Siahaan, S.H., dalam kata sambutan Wisuda UKI tahun ajaran 205-2016, di Plenary Hall Jakarya Convention Center (JCC) selasa 29 November 2016.

Baca juga  IDEAS DAN DOMPET DHUAFA GELAR INDONESIA POVERTY OUTLOOK 2020, PENANGGULANGAN KEMISKINAN BERBASIS PERTUMBUHAN EKONOMI

Ungkap Dr. Maruarar Siahaan lebih lanjut, “Kita semua saat ini berbahagia, baik pengurus Yayasan, pimpinan UKI, para dosen, karyawan, dan para wisudawan baru beserta keluarga, karena perjuangan yang ditempuh untuk sampai ke garis akhir suatu tahap dalam proses pembelajaran ini, tidak juga berlangsung dalam waktu singkat, dan menuntut pengorbanan dalam segala hal melakukannnya untuk mencapai tujuan dan cita-cita.”

Sementara itu, ketua Panitia Pelaksana Wisuda, DR. dr. Bernadetha Nadeak, M.Pd.P.A., dalam kata sambutannya melaporkan jumlah lulusan yang diwisuda hari ini sebanyak 911 orang dari 28 program studi. Adapun rincian jumlah lulusan adalah : program Magister (S2) sebanyak 47 orang, Sarjana (S1) sejumlah 755 orang, dan Diploma III sebanyak 109 orang. Jumlah audiens yang hadir selain para lulusan/wisudawan-wati, yang mendampingi lulusan, adalah sekitar 2000 orang.

Turut memberikan kata sambutan dalam wisuda ini adalah Ketua Yayasan UKI, Dipl, -ing. Salomo Panjaitan. “Kami ingin menyampaikan selamat atas selesainya studi di UKI. Kembalilah ke masyarakat dengan menunjukkan jati diri sebagai magister, sarjana, dan ahli madya yang mumpuni, dan teruslah menjaga citra UKI selaku almamater anda. Jadilah sarjana unggul yang takut akan Tuhan dan berjiwa mengabdi kepada bangsa, masyarakat dan negara,” tegas Salomo Pandjaitan.

Dalam acara wisuda tersebut, Rektor UKI menyerahkan daftar nama wisudawan kepada Ketua DPP Ikatan Alumni UKI, A. Teras Narang, S.H., . Dalam pesannya Keyua Umum DPP IKA UKI A. Teras Narang berpesan,”Sebagai Alumni Universitas Kristen Indonesia, para alumni tidak hanya dituntut berhasil dalam bidangnya saja, tetapi juga dapat menjadi alumni yang memiliki karakter kristiani yang tangguh sesuai dengan motto dan semangat yang dimiliki UKI “Melayani, bukan dilayani”.

Baca juga  Jakarta Christmas Festival Akan Hadirkan Acara Natal Bertajuk Love Jakarta Pada Tanggal 11 Desember 2019

Lulusan terbaik Wisuda UKI tahun ajaran 2015-2016,dengan nilai sangat amat memuaskan, diraih oleh lulusan program Magister, yakni Ones Morokuhi, S.Si (Teol), M.Pdk. dengan nilai IPK 4. Selain Ones, jumlah lulusan terbaik yang diwisuda sejumlah 28 orang dengan rata-rata nilai IPK 3,3-4.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here