PERNYATAAN SIKAP BERSAMA FORUM MASYARAKAT KATOLIK INDONESIA KOTA SURAKARTA DAN PEMUDA KATOLIK KOMISARIAT CABANG KOTA SURAKARTA

0
331

Jakarta, Suarakristen.com

Forum Masyarakat Katolik Indonesia dan Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Surakarta melihat kejadian yang terjadi pada hari Selasa, 6 September 2016 di kampung Penumping pada saat Umat Katolik Lingkungan Penumping Paroki Santo Petrus Purwosari Surakarta, menyelenggarakan Misa Arwah oleh salah satu warga Katolik di lingkungan tersebut, dibubarkan paksa oleh suatu kelompok masyarakat yang intoleran terhadap kehidupan beragama.

Oleh karena itu Forum Masyarakat Katolik Indonesia dan Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Surakarta menyatakan sikap sebagaimana berikut :

1. Sebagai insan yang ber-Ketuhanan, kita melihat bahwa Allah adalah satu yang alfa dan omega, manusia adalah makhluk social dimana setiap individu mempunyai keunikan-keunikan satu sama lain dalam kenyataan hidup yang juga harus mengabdi kepada Allah secara bersama-sama. Dengan perbedaan-perbedaan yang ada menuntut kesadaran Allah menciptakan manusia secara bersama-sama, dengan dasar itu manusia secara kronologis harus menerima adanya kebersamaan dan keragaman.

2. Agama seharusnya menjadi ruang relegiositas, dimana sebagai tempat penyembahan manusia kepada misteri yang kudus. Tetapi justru masuk ranah politik yang penuh dengan kepentingan-kepentingan sesaat. Sehingga agama dipakai senjata untuk melakukan berbagai kekerasan.

3. Oleh karena itulah, tindakan intoleransi yang mengedepankan kekerasan adalah tindakan yang justru bertentangan dengan hakekat kita sebagai manusia yang penuh dengan rasa cinta dan toleransi dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

4. Berdasarkan Pasal 29 UUD 1945, Pemerintah Kota Surakarta yang merupakan bagian intergral dari pemerintahan Republik Indonesia berkewajiban melindungi kebebasan kehidupan beragama dan menjunjung tinggi pemahaman multikultural yang merupakan warisan leluhur.

5. Aparat penegak hukum harus bertindak tegas terhadap siapapun kelompok yang menggunakan tindakan intimadasi dengan cara apapun terhadap kelompok yang sedang melakukan ibadah sesuai dengan agamanya.

Baca juga  INSTITUT TEKNOLOGI HARAPAN BANGSA (ITHB) MELANTIK 100 MAHASISWA PENERIMA BEASISWA

Demikian pernyataan sikap kami, atas perhatian saudara kami ucapkan terima kasih.

Surakarta, 7 September 2016
Ketua FMKI Kota Surakarta

Y. Adverianto, S.Pd

Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Surakarta
J. Antonius Bambang Tri Antono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here