FGD Forum Bangso Batak Indonesia: ” Saat ini Momentum Emas Menjadikan Danau Toba Sebagai Kawasan Destinasi Wisata dan Bisnis Dunia”

0
998
Para Narasumber berfoto bersama
Para Narasumber berfoto bersama

Oleh: Hotben Lingga

Jakarta, Suarakristen.com

“Saat ini merupakan momentum emas bagi pemerintah dan semua stakeholder mewujudkan Danau Toba sebagai kawasan destinasi wisata dan bisnis dunia. Seluruh komponen masyarakat, Batak khususnya serta gereja-gereja dan Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba (BOPKPDT) harus bersinergi dan berkolaborasi. BOPKPDT menangani masalah infrastruktur, fisik atau material, sedangkan masyarakat dan gereja-gereja non-infrastruktur, non-fisik, yakni pembangunan dan pembenahan mentalalitas dan spritualitas.Jadi, masyarakat dan gereja-gereja menjadi semacam motivator, promotor, dan dinamisator pembangunan kawasan Danau Toba. Sudah ada modal dasar, potensi dan SDM untuk mewujudkan dan mengakselarasi visi tersebut. Yang diperlukan hanya political will, kerja-keras dan sinergi semua stakeholder untuk mewujudkan aspirasi ini.”demikian pokok-pokok pikiran yang mengemuka dalam Focus Group Discussion Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) tentang Pengembangan Danau Toba, di Graha Oikumene PGI, Salemba, Jakarta (2/7/16). FGD ini diselenggarakan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI).

Para nara sumber dalam FGD ini adalah Ir. Herald Siagian, Andaru Satnyoto M.Si (mewakili YPDT) dan Dr. Ir. Bisman Nababan. Moderatonya adalah Dr James P Panjaitan.

Ketua Umum DPP FBBI, Dr. Ronsen Pasaribu, SH, M.M, dalam sambutannya mengatakan, “Peran aktif masyarakat Batak, khususnya para perantau yang sudah mapan dan sukses, baik dari dalam maupun luar negeri, perlu direvitalisasi dan distimulasi.Bawa dan tingkatkanlah investasi ke Danau Toba. Kalau bukan kita yang memajukan Danau Toba, siapa lagi yang mau? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?”.

“Kami sadar FBBI tidak bisa sendiri melakukan itu semua. Karena itu FBBI bersinergi dengan lembaga lainnya seperti YPDT,KERABAT dan Marhudat. Demikian halnya, kami bersinergi dan bermitra dengan pemerintah daerah guna membangun bonapasogit lebih baik lagi ke depan,” ujar Ronsen dengan penuh semangat.

Baca juga  Mendadak Rajin Latihan Tinju, Ada Apa Dengan Marcell?

Tegas Ronsen, “FBBI akan mengadakan kegiatan pendidikan dan pelatihan perhotelan di bonapasogit, untuk mendukung kawasan wisata Danau Toba. Kita akan menggelar pendidikan dan pelatihan di bidang kepariwisataan dan perhotelan. Kita akan lebih fokus kepada pengembangan sumber daya manusianya.”

“FBBI di tahun ke-2 ini akan terus mengembangkan organisasinya, untuk bisa mencapai syarat yang ditentukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). FBBI juga akan terus mengembangkan sayap organisasinya ke beberapa daerah untuk mencapai target bisa didaftarkan ke Kemendagri. Selanjutnya kita bisa berharap mendapat anggaran pembinaan dari pemerintah setiap tahun untuk dipakai dalam pemberdayaan masyarakat,” tegasnya.

Terkait pengembangan organisasi, FBBI telah membentuk dan melantik DPD FBBI DKI Jakarta, DPDFBBI Riau, DPD FBBI Bali dan DPD FBBI Sumut. Sedangkan pengurus DPD FBBI Banten, DPD FBBI Kepulauan Riau dan DPD FBBI Nangroe Aceh Darussalam juga sudah terbentuk dan segera dilantik dalam waktu dekat. Ada sekitar 200 orang undangan yang hadir dari berbagai unsur yaitu: Ketua Dewan Pembina DPPFBBI, Dr. Mangasi Panjaitan, yang juga dosen di berbagai Universitas di Jakarta; dari kalangan GMKI;Yayasan Pencinta Danau Toba; dari DPD DKI Jakarta, DPC Bogor dan dari berbagai Universitas diJabodetabek. Acara dipandu oleh MC, Mutiara Marbun, SH, yang juga Kepala Kantor DPP FBBI.

Secara khusus kepada Suarakristen.com, Sekjen DPP FBBI, Djalan Sihombing, S.H., menegaskan,”FBBI di tahun kedua ini akan fokus membangun komunikasi, jaringan dan kerja-sama dengan berbagai organisasi masyarakat, gereja, perusahaan dan instansi pemerintah untuk memajukan bisnis pariwisata, pembangunan SDM masyarakat Danau Toba dan perbaikan serta pelestarian lingkungan hidup.

Dalam FGD tersebut, FBBI juga mengadakan peluncuran buku FBBI berupa jurnal ilmiah dengan ketua tim penyusun Dr. Ir. Bisman Nababan.Acara HUT dihibur para penyanyi top Batak seperti: Dakka Hurtagalung (Pencipta lagu, anggota Trio Golden Heart), dan Danny Siagian dari DPP FBBI. Juga diisi pembacaan puisi oleh sastrawan dan budayawan Batak, Saut Poltak Tambunan.

Baca juga  Forum Kerjasama Ormas Kristen (FK-OK)  Gelar FGD Tentang Dinamika dan Isu-isu di Tubuh KPK

Selain menyelenggarakan FGD, DPP FBBI juga melantik DPD FBBI Sumatera Selatan, Lembaga Komisi Etik dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) FBBI. Pembacaan naskah pelantikan dilakukan Sekretaris Jendral DPP FBBI, Djalan Sihombing, SH.

Yang menjadi ketua Panitia dalam HUT FBBI Ke-2 ini adalah Ungkap BH Simanjuntak, S.E,. Tema FGD adalah”Pariwisata di Sekitar Danau Toba, Sumatera Utara.”

Berikut Susunan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat FORUM BANGSO BATAK INDONESIA (FBBI)

I.DEWAN PENDIRI
Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM.
Dr. Mangasi Panjaitan
Ungkap BHS, SE., M.Ak.
Dr. Ir. James Parlindungan Panjaitan
Ambardy Sitorus, SE
Christofel Butar-butar, SH., MH.
Posman Choky Pardede, SE
Thomson Napitupulu

II.DEWAN PEMBINA
Ketua: Dr. Mangasi Panjaitan

Anggota
Drs. Huta Sitorus
Rajin Tajom Sihombing, SAB

III. DEWAN PAKAR
Ketua
Dr. Ir. James Parlindungan Panjaitan
Anggota
Martin Panggabean, Ph.D

IV. PENGURUS HARIAN
01. Ketua Umum
Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM.

02. Wakil Ketua Umum
Danny PH. Siagian, SE., MM.
03.Sekretaris Jenderal
Djalan Sihombing, SH

04.Wakil Sekretaris Jenderal
Pulo Siregar

05. Bendahara Umum
Sarinah Purba, SPd.

06. Bendahara I
Yesaya Daniel Purba, SE

KETUA-KETUA BIDANG
08.Bidang Pendidikan
Ungkap BHS, SE., M.Ak

09. Bidang Ekonomi/UKM
Edison Lumbanbatu, SH., MH.
Lazarus Sinaga, SE., MM

10. Bidang Hukum dan HAM
Ketua
Christofel Butar-butar, SH., MH.
Anggota
Singal Situmorang, SH

11. Bidang Kepemudaan
Daud Pinasthika M. Ritonga, SH

12. Bidang Komunikasi dan Informasi
Ketua
Ambardy Sitorus, SE
Anggota
Jhohannes H. Situmorang, SH

13..Bidang Hubungan Dalam Negeri
Posman Choky Pardede, SE
14. Bidang Hubungan Antar Lembaga
Suhunan Sitompul, MSi.
15. Bidang Kebijakan dan Litbang
Dr. Ir. Bisman Nababan, MSc.
15. Bidang Hubungan Luar Negeri
Timur Tengah
Perancis
Jepang
Congo Afrika & Sekitarnya
Advendes Pasaribu
Thomson Napitupulu
Jeje Nadeak
Josmar Manullang

Baca juga  FH UPH BERI PENYULUHAN DAN KONSELING HUKUM DI STT GKS LEWA, SUMBA TIMUR

16. Bidang Sosial, Seni dan Budaya
Ketua
Antoni Antra Pardosi, SH
Anggota
Herty Sitorus
17. Bidang Produksi
Ketua
Feber MT. Manalu
Anggota
Roy Lumbangaol
Patrick Hutapea

18. Kepala Kantor
Mutiara Marbun, SH
Anggota
Dely Sinaga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here