Sido Muncul Kembali Mengadakan Mudik Gratis Lebaran 2016

0
462
Direktur Marketing Sido Muncul, Irwan Hidayat
Direktur Marketing Sido Muncul, Irwan Hidayat

Oleh: Hotben Lingga

Jakarta, Suarakristen.com

PT Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul, pada Ramadan dan Lebaran 2016 akan kembali melanjutkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah rutin dilaksanakan.. Selain pemberian santunan sosial kepada kaum dhuafa, perusahaan juga akan mengadakan program mudik gratis.

“Program mudik gratis tahun ini memasuki tahun ke 26 atau sudah 27 kali menggelarnya. Untuk tahun ini, kami akan berangkatkan serentak di empat kota pada H-5 Lebaran pada tanggal 1 Juli 2016,” kata Direktur Marketing PT Sidomuncul Irwan Hidayat saat berbuka puasa bersama media/pers,di Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Tambah Irwan Hidayat,” kota-kota yang menjadi titik pemberangkatan dalam program Mudik Gratis tersebut adalah Jakarta, Bogor, Bandung, dan Tangerang. Adapun yang menjadi tujuan mudik gratis bersama Sidomuncul ada tujuh kota yakni Cirebon, Tegal, Semarang, Solo, Banjarnegara, Wonogiri, dan Yogyakarta. Untuk armada, kami sudah siapkan sekitar 270 bus untuk mengangkut sekitar 16.000. orang. Animo masyarakat selalu luar biasa dari tahun ke tahun.”

Tegas Irwan Hidayat,”Secara umum peserta program itu adalah mereka yang selama ini mencari sumber penghasilan sebagai tukang jamu, yang selama ini turut serta mempromosikan serta menjual produk-produk milik Sidomuncul. Selain itu ditujukan kepada masyarakat berpenghasil rendah di kota-kota pemberangkatan.Selain penjual jamu, peserta juga ada pedagang asongan dan pemilik warung di tepian jalan (pedagang kaki lima). Tujuan utama kami mengadakan secara rutin program Mudik Gratis ini adalah sebagai bentuk partisipasi perusahaan kepada masyarakat dan pemerintah. Sasaran utama kami adalah untuk masyarakat kurang mampu yang hendak mudik ke wilayah timur,”

Untuk Jakarta, tambah Irwan Hidayat,”Pemberangkatan program mudik gratis PT Sido Muncul Tbk pada Jumat, pindah alamat ke Lapangan Parkir Pintu Masuk Utama Taman Mini Indonesia Indah (TMMI) di Jakarta Timur. Pemindahan itu dilakukan lantaran alasan teknis semata. Saat ini, lokasi pemberangkatan utama yang lazimnya berada di lapangan parkir Jakarta International Expo (JIExpo) digunakan untuk pergelaran Jakarta Fair 2016. Makanya, lapangan parkir itu tidak memadai untuk menampung 270 bus ukuran besar bagi para pemudik gratis. “Itu alasan kami pindah tahun ini ke Taman Mini.

Baca juga  SEKJEN DPP MUKI MEMBERIKAN ARAHAN PADA PENGURUS BARU DPD MUKI LUMAJANG

Sementara itu, Direktur Utama SIDO Sofyan Hidayat dalam kesempatan sama menambahkan bahwa tahun ini adalah penyelenggaraan ke-27 mudik gratis Sido Muncul. Kami ingin selalu menunjukkan semangat kebersamaan, gotong-royong, solidaritas dan silaturahmi dengan masyarakat dan pemerintah melalui program Mudik Gratis ini.

Catatan dari websait sidomuncul.com menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya, mudik gratis Sido Muncul dilaksanakan pada tahun 1991. Ada sekitar 2.500 pedagang jamu dan keluarganya mengikuti acara tersebut.

Perusahaan menyediakan sekitar 300 unit bus untuk berbagai tujuan seperti Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Pemberangkatan mudik gratis dilakukan di Lapangan Parkir Timur Senayan. Sampai dengan 2015, SIDO sudah memulangkan mudik 316.400 orang pedagang jamu dan keluarganya. “Tahun ini, ada sekitar 20 perusahaan yang menyelenggarakan mudik gratis, termasuk pemerintah,”ujar Sofyan Hidayat yang baru menjabat posisi Direktur Utama sejak Mei 2016 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here