Elektabilitas Meningkat, Jan Maringka Berpeluang Menangkan Pilkada Sulawesi Utara

0
43

Elektabilitas Meningkat, Jan Maringka Berpeluang Menangkan Pilkada Sulawesi Utara

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

Tingkat elektabilitas Jan S. Maringka yang didorong maju dalam Pilkada Sulawesi Utara meroket tajam mengalahkan figur-figur bakal calon kepala daerah Sulawesi Utara lainnya (9/7/2024).

Berdasarkan hasil survey Warna Research Center yang dikutip dari Warta Ekonomi (5/7/2024), Jan Maringka menjadi tokoh Sulawesi Utara yang paling disukai masyarakat, dengan tingkat kesukaan 78,9%.

Tingkat kesukaan masyarakat kepada Jan Maringka unggul jauh dari Elly Lasut 63,3%, Steven Kandouw 62,7%, Yulius Komaling 47,8%, Tetty Paruntu 40,2%, dan Carlo Tewu 38,9%.

Dari segi elektabilitas, berdasarkan survey yang dilakukan dari tanggal 23 Juni sampai 3 Juli 2024 ini, tingkat keterpilihan Jan Maringka 27,3%, unggul tipis atas Elly Lasut dengan 27,1%.

Sedangkan tingkat keterpilihan tokoh Sulut lainnya adalah:
-Steven Kandouw: 14,3%
-Tetty Paruntu: 6,2%
-Yulius Komaling: 5,1%
-Tatong Bara: 4,2%
-Carlo Tewu: 2,1%
-Responden yang tidak memilih: 13,7%

Mengacu pada hasil survey dengan margin of error 2,83% dan tingkat kepercayaan 95% ini, Jan Maringka berpeluang untuk memenangkan Pilkada Provinsi Sulawesi Utara, baik sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur.

Jika Jan Maringka dimajukan sebagai calon wakil gubernur, maka siapapun calon gubernurnya akan diuntungkan dengan elektabilitas tinggi dari Jan Maringka.

Latar belakang profesi Jan Maringka sebagai jaksa agung muda memberikan harapan bagi rakyat Sulut untuk penegakan hukum yang adil dan tidak berpihak. Kasus-kasus mafia hukum sampai mafia tanah pasti dapat diselesaikan oleh Jan Maringka.

Begitu juga dengan latar belakang kariernya di Kementerian Pertanian. Jan Maringka yang menjabat sebagai Irjen Kementerian Pertanian sebelum purna tugas adalah sosok yang tepat untuk menjawab dan merealisasikan program-program Presiden terpilih Prabowo di bidang ketahanan pangan.

Baca juga  BCA x Jakarta Sneaker Day 2024: “On To The Next Phase” Hadirkan Pengalaman Baru untuk Pecinta Sneaker dan Olahraga

Konsep yang diusung Jan Maringka dengan lumbung desa, meningkatkan hasil pertanian berbasis desa dengan memberikan bantuan pupuk berkualitas, benih unggul, dan bantuan peralatan pertanian modern untuk petani akan melipatgandakan hasil pertanian dan menjadikan Sulawesi Utara lumbung pangan untuk kawasan Indonesia timur. (eyt)