MENJADI WARGA NEGARA YANG BAIK

0
169

Baca: Roma 13:1-7

”Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya.” (Roma 13:3).

Sebagai warga negara Indonesia, adalah mutlak bagi kita untuk taat dan patuh pada hukum atau undang-undang yang berlaku di negeri ini. Bahkan firman Tuhan mengajar kita untuk menjadi penurut dan menjadi pelaku hukum yang setia pada pemerintah. Bukan hanya itu, rasul Paulus menasihati kita untuk selalu berdoa syafaat bagi para pemimpin supaya mereka dapat memimpin negeri ini dengan baik dan memiliki hati yang takut akan Tuhan. ”…Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.” (2 Timotius 2:1-4).

Ketika seorang Farisi dan Herodian bertanya kepada Tuhan: ”Apakah diperbolehkan membayar pajak kepada Kaisar atau tidak? Haruskah kami bayar atau tidak?” (Markus 12:14b). Dengan tegas Tuhan menjawab, ”’Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!’ Mereka sangat heran mendengar Dia.” (Markus 12:17).

Membayar pajak itu hukumnya wajib, dan jika ada orang yang berani ngemplang pajak atau melakukan korupsi, ia telah melanggar hukum negara dan juga melawan firman Tuhan. Sebagai orang percaya kita seharusnya lebih baik dari sekedar taat membayar pajak, tapi juga harus punya kontribusi untuk negeri ini. ”Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya.” (Roma 13:1-2).

*Orang yang takut akan Tuhan pasti akan taat pada pemerintah! Sebab “Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.” (Roma 13:4b).*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here