Negeri yang Indah dan Subur

0
34

 

 

Oleh: Pdt Martunas P. Manullang.

 

 

Selamat pagi dan salam damai sejahtera bagi kita semua.

 

NEGERI YANG INDAH DAN SUBUR.

 

Itulah negeri yang diberikan TUHAN dengan kemurahan-Nya bagi bangsa Israel.

 

Inilah ayat renungan hari ini, yang tertulis dalam Ulangan 11:11-12:  “Tetapi negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, ialah negeri yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit, suatu negeri yang dipelihara oleh TUHAN, Allahmu: mata TUHAN, Allahmu, tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun.”

 

Pada kitab Ulangan pasal 11 ini diceritakan tentang kebesaran TUHAN, melalui apa yang Dia perbuat bagi bangsa Israel, dengan tangan yang kuat membawa nenek moyang mereka keluar dari Mesir dan melewani padang gurun, hingga tiba di Tanah Kanaan (11:1-7).

Kini mereka akan tinggal di tanah yang diberi menjadi milik mereka.

 

Tentang keadaan tanah itu, sangat berbeda dengan Mesir.

Tanah ini adalah tanah yang khusus, negeri yang indah, ada gunung dan lembah, dan yang selalu  dalam pengawasan TUHAN.

 

Apa artinya dalam pengawasan TUHAN?

 

Sejak dari keluarnya bangsa Israel dari Mesir, pada masa di padang gurun, hingga memasuki Tanah Kanaan dan menempatinya atau mendudukinya, sebenarnya TUHAN-lah yang menuntun, memelihara dan memberikan kemenangan bagi mereka.

Kalau hanya dengan kekuatan sendiri, mereka tidak akan menang dalam setiap pertempuran.

 

Ini berarti, bahwa pada saat nendiami Tanah Kanaan ini pun, mereka sebagai umat TUHAN harus tetap menaati-Nya.

 

Menaati TUHAN adalah menjadi kekuatan bagi mereka dalam hidupnya (11:8-9).

 

Itu sebabnya, bagi bangsa Israel sebagai umat TUHAN harus jelas, dengan ketaatan kepada TUHAN sepanjang hidup mereka, maka TUHAN akan mendatangkan hujan pada waktunya, sehingga tanah mereka menjadi subur dan menghasilkan panen yang berlimpah (11:13-15).

Baca Juga  Allah dan Mamon

 

Mendiami “negeri yang indah dan subur” haruslah dalam ketaatan dan kesetiaan kepada TUHAN: “mendengar dan melakukan firnan TUHAN dan menuruti segala ketetapan-ketetapan-Nya”.

 

Hal ini juga berlaku bagi kita yang hidup di zaman ini.

 

Hidup dalam takut akan TUHAN, hidup dan taat akan firman TUHAN, hidup dan setia kepada TUHAN, maka kehidupan kita pun akan diberkati.

 

Firman TUHAN yang telah berdiam di dalam hati, pikiran dan jiwa kita, akan memberikan tuntunan, arahan dan pengendalian  bagi tangan, mata dan lidah (mulut) kita dan menjadi pengarah dan pelindung bagi setiap orang dalam jeluarga dan seisi rumah kita (11:18-19).

 

Diberkati dalam hidup dan pekerjaan kita, diberkati dalam mendiami negeri yang indah dan subur, jika kita nenjadi orang yang taat dan setia kepada TUHAN.

 

Taat dan setialah dalam beribadah kepada TUHAN, maka hidup makmur dan dalam pemeliharaan TUHAN akan kita rasakan, bahkan hidup yang diberkati, meskipun kita akan tetap menghadapi cobaan dan pergumulan yang berat. Ketaatan kepada TUHAN dalam hidup, akan membawa berkat.

 

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

 

Pdt Martunas P. Manullang.

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here