Aku Telah Mendengar Seruan UmatKu

0
192

 

 

Oleh:  Pdt Martunas P. Manullang

 

Selamat pagi dan salam damai sejahtera bagi kita semua.

 

AKU TELAH MENDENGAR SERUAN UMATKU.

 

Inilah inti berita dari ayat renungan hari ini, yang tertulis dalam Keluaran 3:7: “Dan TUHAN berfirman: Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya,  Aku telah mengetahui penderitaan mereka.”

 

Dalam kalimat tidak langsung dapat dikatakan : TUHAN TELAH MENDENGAR SERUAN UMATNYA.

 

Seruan, di sini berarti : jeritan atau teriakan minta keadilan, teriakan minta pembebasan, atau jeritan karena rasa sakit dan ingin dipulihkan atau disembuhkan. Ingin dihentikan atau diakhiri.

 

Di sini digambarkan bahwa Allah berencana untuk melepaskan umat-Nya dari perhambaan orang Mesir.

 

Segala derita, kengerian dan rasa sakit hati oleh perbudakan dan penindasan yang dialami bangsa Israel di Mesir, semuanya telah sampai ke telinga TUHAN. Dia juga telah memperhatikan bagaimana umat-Nya harus menderita oleh perlakuan sewenang-wenang dari bangsa Mesir.

 

Di sini, mau ditegaskan bahwa Allah benar-benar mengetahui keadaan umat-Nya, Allah benar-benar mau mengindahkan mereka. Allah secara terang-terangan berkenan mendengar teriakan dan kesulitan nereka, lalu Allah akan datang, bertindak untuk menolong mereka.

 

Allah akan membawa mereka keluar dari tempat perbudakan itu, dan memberikan kepada mereka suatu negeri untuk mereka duduki dan menjadi negeri mereka.

 

Allah akan melakukan perbuatan besar, sehingga mereka yang tadinya dibawah perbudakan dan penindasan Mesir akan dimerdekakan dan diberikan suatu tempat yang menjadi tanah pusaka mereka, di mana mereka akan mengalami kemakmuran dan kesejahteraan.

Baca juga  TUHAN INGIN MENUNJUKKAN KEKUATAN-NYA, KEMASYHURAN-NYA DAN KASIH SAYANG-NYA KEPADA UMAT-NYA DI SELURUH BUM

 

Dan, segala detail perkara yang akan Allah lakukan, secara jelas dikatakan (diungkapkan) kepada Musa, untuk disampaikan kepada umat Israel.

 

Inilah salah satu penggambaran dari TUHAN yang setia, ALLAH yang peduli dan berbelas kasihan terhadap umat-Nya.

 

Maka saat ini pun, bagi kita sebagai pengikut Yesus di zaman ini, pernyataan tentang ALLAH TELAH MENDENGAR SERUAN UMATNYA, atau dengan kata yang lebih langsung: AKU TELAH MENDENGAR SERUAN UMATKU, kiranya membawa penegasan dan penguatan bagi kita, tentang rencana TUHAN yang akan menolong kita. Dia telah mendengar seruan atau jeritan minta pertolongan dan keadilan dari kita umat-Nya, termasuk bagi gereja-gereja di Indonesia tercinta ini dan bangsa kita yang sedang berduka dan terluka oleh “bom bunuh diri” yang membawa korban jiwa di Surabaya baru-baru ini.

 

Dia adalah TUHAN bagi setiap individu dan TUHAN bagi seluruh bangsa. Dia akan bertindak sesuai dengan rencana dan jadwalnya. Rencana dan jadwal yang sempurna.

 

Tinggal kita umat-Nya, yang harus bersabar dan menantikan-Nya dengan penuh percaya, keyakinan yang kuat dan penuh pengharapan.

 

Satu hal yang kita lakukan adalah dalam masa penantian ini kita tetap berserah diri kepada-Nya dan siap sedia dibentuk, taat diatur, dan berserah diri jika disuruh atau diutus.

 

Selamat beraktivitas di hari ini. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

 

Pdt Martunas P. Manullang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here