Melalui Paskah, PGLII Banten Menyerukan Umat Kristen Mengedepankan Kehidupan Sosial yang Penuh Harmonis, Gotong-royong dan Santun

0
214
Pdt. Dr. Freddy Soenyoto, M.Th.

 

Pdt. Dr. Freddy Soenyoto, M.Th.

 

Banten, Suarakristen.com

 

Salam Sejahtera,

 

Pertama-tama kita patut bersyukur bahwa umat Kristen yang berada di Provinsi Banten melalui PERSEKUTUAN GEREJA GEREJA DAN LEMBAGA-LEMBAGA INJILI INDONESIA (PGLII) Povinsi Banten akan melaksanakan IBADAH PERAYAAN PASKAH PGLII Se-BANTEN DI YONIF 320 /Badak Putih Kabupaten Pandeglang, tanggal 4 Mei 2018

Tema Paskah yang menyatakan : Bangkitlah ! Menjadi Terang (Yes 60) merupakan ungkapan profetik dan dilandasi semangat religiusitas dan spiritual kuasa kebangkitan Kristus yang ingin mengedepankan kehidupan antar umat beragama yang harmonis, gotong-royong dan santun serta sebuah upaya dari hati nuraini umat Kristen yang murni umtuk berbuat kebaikan kepada semua orang di Banten, dalam rangka bersama-sama dengan elemen bangsa dan Tubuh Kristus lainnya membangun suatu peradaban yang disemangati oleh nilai-nilai budaya lokal, kasih Kristus dan keberadaan masyarakat Indonesia yang multi-kultural dalam sebuah Bingkai  NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Pancasila dan UUD 1945.

 

PGLII Banten berkewajiban untuk melaksanakan Kesepakatan Pemuka Agama Indonesia sbb :

Hasil Musyawarah Besar Pemuka Agama Untuk Kerukunan Bangsa (Terdiri dari Tujuh Pokok). Jakarta, 8-10 Februari 2018

 

*KESEPAKATAN PEMUKA AGAMA INDONESIA*

 

*Dengan Nama Tuhan Yang Maha Esa*

 

KEDUA

*PANDANGAN DAN SIKAP UMAT BERAGAMA TENTANG INDONESIA YANG BERBHINEKA TUNGGAL IKA*

 

1. Pemuka Agama di Indonesia meyakini bahwa kebhinekaan adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia. Yang harus disyukuri dan dikelola sebagai kekuatan dan keunggulan yang berbhineka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI.

 

2. Pemuka Agama di Indonesia memandang perlunya memperkuat sikap inklusif demi keutuhan bangsa Indonesia yang majemuk. Untuk itu perlu dikembangkan budaya kerjasama sehingga dapat hidup berdampingan secara damai, toleran dan saling menghargai / menghormati satu sama lain.

 

3. Pemuka Agama di Indonesia berperan aktif dalam mendorong keluarga, masyarakat, pemerintah dan media massa untuk memberikan pendidikan kebhinekaan kepada seluruh elemen bangsa melalui internalisasi nilai-nilai kebhinekaan menjadi bagian dari pembangunan karakter bangsa.

 

olehnya harapan saya Pokok Kedua ini dapat menjadi perhatian dan panduan bagi seluruh Pengurus dan Anggota PGLII dan Semangat Kebangkitan Paskah dapat mendorong terwujudnya kerukunan hidup antar umat beragama di Pandeglang – Provinsi Banten.

Selamat Paskah ! Tuhan memberkati !

 

Pandeglang, 4 Mei 2018

 

TTD

 

Pdt Dr Freddy Soenyoto, M.Th

Ketua Umum PGLII Banten

/Sekretaris Umum PP PGLII

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here