Ganjaran bagi Orang yang Mengejar Harta dan Ketenaran

0
130

 

 

 

Oleh: P. Adriyanto

 

“Mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam  jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.”.

*1 Timotius 6:9*

 

 

Nafsu mengejar uang/harta dan ketenaran adalah dosa yang membawa kehancuran. Belum lenyap dari ingatan kita tentang tragedi bakpao yang menyeret pengacara FY ke meja hijau. Dengan akal licik, FY berusaha membela dan membebaskan klien-nya dari tuntutan hukum.

RG putra tokoh Permesta, dosen Filsafat di UI, dalam program ILC dengan penuh semangat membela seorang politikus yang menyitir *Ghost Fleet* sebuah novel fiksi karya P.W Singer yang menyatakan bahwa Indonesia akan lenyap pada tahun 2030, sampai-sampai RG tega mengatakan bahwa Kitab Suci adalah juga fiksi. Akibatnya RG dicopot sebagai dosen UI dan berurusan dengan polisi.

 

Kita memerlukan uang dan nama baik, tapi harus dengan cara yang berkenan kepada Tuhan. Bila kita dirasuki oleh ketamakan, maka kita akan menemui penderitaan.

*”Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung pada kekayaannya itu.”*

*Lukas 12:15*

 

Banyak orang yang lupa beristirahat, lupa beribadah, lupa bersosialisasi dengan anak dan istri hanya karena mengejar uang (workalholic).

*”Siapa yang mencintai uang tidak akan puas dengan uang, dan siapa mencintai kekayaannya tidak akan puas dengan penghasilannya.”*

*Pengkhotbah 5:9*

 

Mereka lupa bahwa bila mereka meninggal dunia, tidak se-senpun yang bisa mereka bawa sebagai bekal ke akhirat.

*”Sebab kita tidak membawa sesuatu apapun ke dalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.”*

Baca Juga  Tuhan Ingin Kita Memiliki Pikiran dan Perasaan Seperti Yang Terdapat dalam Diri-Nya

*1 Timotius 6:7*

 

Dalam segala hal kita, kita harus merasa cukup atas rezeki yang telah Tuhan berikan kepada kita. Kita harus bebas  dari pemikiran dan tindakan manipulatif dan koruptif, agar kita dapat beristirahat dengan tenang di hari tua.

Amin.

 

 

 

 

 

 

 

 

.

Komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here