Panen Raya Nusantara (PARARA) 2017: Menuju Ekonomi Komunitas Lokal yang Adil dan Lestari

0
1424

 

Jakarta, Suarakristen.com

 

 

Jakarta – Sebanyak 85 lebih komunitas lokal dari seluruh nusantara akan hadir di Festival Panen Raya Nusantara (PARARA) , yang akan digelar pada 13 – 15 Oktober 2017,  di Taman Menteng  Jakarta Selatan.  Berbagai produk kreatif, hasil kerajinan, produk hasil non layu serta pangan lokal akan menjadi tajuk utama festival ini.

 

Festival PARARA merupakan agenda dua tahunan yang digagas oleh Konsorsium PARARA . Festival ini pertama kali diselenggarakan pada 2015 untuk mempromosikan dan menampilkan produk-produk kewirausahaan dari berbagai komunitas dan masyarakat adat. Produk-produk tersebut merupakan hasil upaya komunitas untuk mendukung kehidupan dan meningkatkan kesejahteraannya dengan memperhatikan keseimbangan antara alam dan manusia, dan berasal dari tradisi kearifan dan budaya komunitas tersebut. ‘Jaga Tradisi, Rawat Bumi’ adalah tema yang diangkat tahun ini dengan tujuan menunjukkan bahwa kearifan  leluhur bangsa Indonesia sudah terbukti berhasil dalam memanfaatkan sumber daya alam secara lestari dan mempertahankan alam sebagai bagian dari kehidupan komunitas dan bumi. Leluhur bangsa Indonesia dan komunitas adat sampai sekarang  mengambil sumberdaya alam dengan memperhatikan keseimbangan dengan alam dan daya dukungnya agar SDA tersebut tetap ada dan bisa dinikmati oleh generasi di masa depan.  Komunitas juga secara kolektif melakukan pengawasan akan kelestarian alam. Melalui PARARA, kita diajak untuk kembali mempraktikan menjaga tradisi serta merawat bumi untuk kelestarian sumberdaya alam dan kesejahteraan.

 

Ketua Konsorsium PARARA Jusupta Tarigan mengatakan, PARARA bertujuan mendukung ekonomi komunitas lokal secara adil dan lestari dimana pengelolaan  produk komunitas lokal nantinya dapat mempertahankan kearifan lokal dan  lingkungan. Dengan melestarikan produk berbasis kearifan lokal, sekaligus memperkuat  identitas dan perekat bangsa. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara yang paling kaya dalam keanekaragaman hayati di dunia, sekaligus negara yang memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam. “PARARA” bertujuan mempromosikan produk komunitas dan meingkatkan akses pasar yang mampu menilai/REWARD produk tersebut dengan harga yang adil.”

Baca juga  Komite Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan dan APINDO Gelar "Expert Talk Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan", Tema: Strategi Pengawasan Memastikan Keberlanjutan Program di era Digital. Sustanability - Solvability - Hospitality

“Secara kualitas, produk lokal memiliki nilai dan potensi pasar yang mendunia. Salah satunya kain tenun. Tenun tidak hanya menjadi warisan budaya, namun juga potensi wirausaha yang memiliki pasar di dalam dan juga luar negeri. Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian kita untuk menjaga dan melestarikan produk-produk lokal Indonesia dan sekaligus komunitas produsen dan kearifan lokalnya,” ujar Jusupta Tarigan.

 

Ketahanan dan kedaulatan pangan juga  merupakan salah satu pesan yang ingin disampaikan melalui PARARA. Indonesia sebagai negara agraris dan maritim, namun untuk kebutuhan pangan masih bergantung pada import. Dari sisi hargapun susah dikendalikan. Untuk tujuan itu, PARARA mengajak semua pihak untul  dapat memberikan ruang bagi petani, nelayan, komunitas produsen sekala kecil dan mendukung dengan kebijakan dan praktek ekonomi yang lebih adil, ramah lingkungan dan mempertahankan juga ketahana di tingkat lokal terhadap perubahan iklim.

Selain Festival, PARARA diharapkan menjadi platform untuk mendukung  integrasi antara komunitas lokal, pasar dan juga kebijakan-kebijakan yang mengatur industri kreatif dan lokal. Sinergi lintas pelaku dengan kondisi yang memungkinkan untuk ekonomi yang lebih memihak pada komunitas demi kesejahteraan dan keberlanjutan.

 

Diantara komunitas yang hadir dalam PARARA 2017 adalah, Tilita (Perajin Serat Alam Doyo, Kutai Barat, Kalimantan Timur) dengan membawa produk (Tenun Doyo, asesoris bebrasis serat Doyo) mengatakan Festival PARARA memberikan ruang lebih besar bagi saya dan perajin tradisional lainnya untuk bertemu langsung dan mengenal  selera calon pembeli serta bisa memacu kreatifitas saya untuk mengembangkan produk.

 

Selain pameran produk kreatif, PARARA 2017 juga menghadirkan sesi seminar dan coaching klinik yang akan mengangkat topik-topik menarik seputar kewirausahaan, management keuangan, industri kreatif dan workshop craft. Bagi pencinta kopi dan dunia barista, ada sesi cupping dan kompetisi aeropress. Untuk anak-anak, ada kegiatan mendongeng yang akan diisi oleh PM Toh, pertunjukan kesenian tradisional , pagelaran busana yang melibatkan perancang individu dan dari sekolah mode Esmod dan Lasalle. Sementara sesi entertainment akan dimeriahkan oleh Jamaica Cafe, AriReda, Sandrayati Fay,The Kaborang dan Oscar Lolang.

Baca juga  Komite Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan dan APINDO Gelar "Expert Talk Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan", Tema: Strategi Pengawasan Memastikan Keberlanjutan Program di era Digital. Sustanability - Solvability - Hospitality

 

 

Festival Panen Raya Nusantara di selenggarakan oleh :

Konsorsium PARARA

NTFP-EP,WWF Indonesia, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), ASPPUK, JKTI, KEHATI, GEF SGP,Kemitraan, RECOFTC, Koperasi Produsen AMAN Mandiri (KPAM), Aliansi Organis Indonesia (AOI), Samdhana Institute, Jaringan Madu Hutan Nusantara (JMHI) , Jasa Menenun Mandiri, Sintang ,Yayasan Riak Bumi -Pontianak, Yayasan Dian Tama -Pontianak, Perkumpulan Indonesia Berseru (PIB), Rumah Organik, Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM),WARSI, Jambi , Yayasan Anak Dusun Papua (YADUPA) Jayapura, Yayasan Mitra Insani (YMI) Riau, Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) Lampung, Yayasan Palung, KIARA, Yayasan Petak Danum, Yayasan Penabulu.

 

 

Kontak Informasi:

Media relation : Nila Kurnia 081310697586

 

 

 

 

 

.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here