Kondisi Simbuang-Mappak Tana Toraja Menjadi Perhatian Khusus Pemuda Hingga ke Ibukota Jakarta

0
519

 

 

Makassar, Suarakristen.com.

 

Hari Sabtu (10/06/2017), Pengurus Pusat dari Jakarta APTI (Aliansi Pemuda Toraja Indonesia) yang diwakilkan oleh Acantha Sampetoding sebagai Pengurus Pusat dan Pasa Maraya sebagai Penanggungjawab APTI Wilayah Sulawesi Selatan melakukan kunjungan ke Sekretariat Mahasiswa Simbuang-Mappak di Kota Makassar.

 

Topik utama yang menjadi bahan diskusi bersama kalangan pemuda dan mahasiswa dari Simbuang-Mappak di Kota Makassar merujuk pada dua hal persoalan yang paling urgen untuk segera ditindaklajuti di wilayah yang memiliki penduduk sekitar kurang lebih sepuluh ribu jiwa tersebut adalah persoalan Akses Jalan yang sampai saat ini begitu sangat memprihatinkan dan juga persoalan akses jaringan seluler sampai saat ini masih begitu sulit didaerah tersebut.

 

Persoalan Pertama, Infrastruktur Jalan yang sangat berantakan dan sulit diakses. Selanjutnya Persoalan Kedua, Infrastruktur Telekomunikasi yang belum terjamah dan sinyal telekomunikasi tidak ada.

 

Pasa Maraya aktivis pemuda dari Simbuang-Mappak sekaligus sebagai Mantan Ketua Umum IPPEMSI Makassar menyatakan “Keprihatinan kampung halaman Simbuang-Mappak ini sudah berlangsung bertahun-tahun tanpa ada tindak lanjut dari stakeholder terkait, Jika hal ini tidak segerah ditindaklanjuti maka permasalahan ini akan menjadi LAMPU HIJAU bagi Pemerintah terkait”.

 

Ketua Umum APTI Indra Gunawan sendiri akan tiba di Toraja pada hari Senin (12/06/2017) untuk melakukan survey dan kunjungan langsung kebeberapa wilayah Toraja salah satunya Simbuang-Mappak.

 

Menurut Indra sendiri APTI hadir di tengah-tengah masyarakat Toraja untuk menyatukan perbedaan dari segi apapun itu.

 

“Kita harus menjungjung tinggi ungkapan ‘sikapaboro’ dan ‘siangkaran’ demi kemajuan Toraja dimanapun kita berada”.

 

Selain rencana melihat kondisi wilayah tersebut, Indra Gunawan juga akan melakukan survey ke beberapa tempat wisata Toraja.

Baca juga  PENANDATANGANAN MoU TZU CHI DAN TNI DALAM PEMBANGUNAN 3.000 RUMAH DI PALU DAN LOMBOK

 

“APTI akan mencoba audensi dengan pemerintah pusat terkait berbagai permasalahan di Kecamatan Simbuang-Mappak dan Fasilitas Pariwisata Toraja” ujar Indra melalui telepon.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here