Komentar Pers Hendardi, Ketua SETARA Institute Terkait Pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

0
1229

Jakarta, Suarakristen.com.

 

 

Pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (4/5) yang menyatakan bahwa upaya makar adalah hoax atau berita bohong sangat disayangkan dan merendahkan integritas institusi TNI sendiri. Seharusnya, sebagai elemen institusi negara, TNI memberikan dukungan pada institusi penegak hukum, yakni Polri yang saat ini sedang melakukan penyidikan dugaan kasus makar terhadap sejumlah orang.

 

Pada batas-batas tertentu, pernyataan Gatot dapat dikualifikasi sebagai obstruction of justice, karena sebagai tokoh penting dan berpengaruh, pernyataan Panglima TNI dapat  mengganggu proses penyidikan. Betapapun pernyataan itu tidak ditujukan mengganggu penyidikan, sebuah pernyataan terbuka jelas menimbulkan dampak di tengah masyarakat.

 

Pernyataan Panglima TNI lebih menyerupai pernyataan seorang politisi sekaligus menggambarkan ada persoalan dalam tubuh TNI. Presiden Jokowi sudah semestinya mengingatkan Panglima TNI untuk tidak offside dalam berkomentar karena dapat mengganggu stabilitas keamanan. Terima kasih.

Baca juga  Indonesian American Lawyers Association (IALA) Sampaikan AMICUS CURIAE Kepada Mahkamah Konstitusi RI  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here