Menyambut HUT Ke-65: PGI Ingin Merevitalisasi dan Memperkuat Kembali Gerakan Ekumene di Indonesia

0
1412

Oleh: Hotben Lingga, Jakarta, SUARAKRISTEN.COM.

“Sebagaimana biasa, pada tanggal 25 Mei setiap tahun, PGI dan gereja-gereja di Indonesia selalu merayakan HUT. Bahkan, bulan Mei setiap tahun dirayakan sebagai Bulan Ekumene oleh gereja-gereja di Indonesia. Tahun 2015 ini memang agak istimewa sebab pada tahun ini PGI genap berusia 65 tahun. Karena itu, maka perayaan HUT PGI tahun ini dibuat agak sedikit semarak agar dalam momentum HUT PGI ke-65 ini gereja-gereja dapat secara lebih mendalam merefleksikan dan memaknai perjalanan gerakan keesaan di Indonesia.

Perayaan HUT ke-65 ini juga dilaksanakan setelah Sidang Raya PGI XVI di Nias akhir tahun 2014 lalu. Dalam konteks ini, maka perayaan HUT ini bisa menjadi ajang untuk mengsosialisasikan hasil Sidang Raya tersebut kepada warga gereja di Indonesia. Selain itu, juga untuk semakin memperkuat arah dan substansi gerakan ekumene di Indonesia. Secara khusus, agar gerakan ekumene tak melulu terkesan elitis, tetapi juga bisa semakin dikenal dan dirasakan dalam kehidupan umat Kristen secara nyata. Jadi, HUT PGI ke-65 ini harus menjadi momentum bagi gereja-gereja di Indonesia untuk merenungkan diri dan keberadaannya sambil melihat kemungkinan-kemungkinan baru ke depan yang dapat dilakukan dalam melayani umat Kristen dan warga masyarakat bangsa ini,”demikian disampaikan Michael Wattimena, S.E., M.M., ketua umum panitia pelaksana HUT PGI ke-65, dalam konferensi pers di Graha Oikumene, Salemba, Jakarta Pusat (31/3/15)

 

Jelas Michael Wattimena lagi, untuk perayaan HUT ke-65 PGI tahun ini, dipilih tema “Keesaan Gereja dalam Aksi: Keluar dari Kemandekan Gerakan Ekumene”. Tema ini dipilih setidaknya dengan dua alasan. Pertama, setelah 65 tahun, ada kecenderungan bahwa gerakan ekumene semakin jauh dari jemaat (umat). Gerakan ekumene selama ini terkesan sangat elitis, hanya terjadi dan dilakoni kalangan elit gereja, sehingga umat hampir tak terlibat dan menjadi terasing. Kedua, ada kesadaran yang sangat kuat bahwa sejak lama gereja-gereja kita terlalu fokus untuk urusan internal sehingga kurang terlihat aksi keluar. Akibatnya, eksistensi kehadiran gereja kurang begitu dirasakan oleh masyarakat luas. Berdasarkan dua pertimbangan ini, kami berharap momentum HUT ke-65 PGI ini dapat menjadi media untuk mendorong gereja-gereja merefleksikan dan melakukan terobosan terhadap kemandekan gerakan ekumene ini dengan makin banyak melakukan tindakan-tindakan nyata bagi masyarakat sebagai wujud nyata gerakan ekumene tersebut.

 

“Untuk memeriahkan dan memaknai perayaan HUT ke-65 ini, panitia telah merencanakan sejumlah kegiatan, antara lain. 1. Ibadah dan Perayaan HUT PGI ke-65, pada hari Minggu, tanggal 24 Mei 2015 di Ecopark, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. 2. Jalan Damai Lintas Agama pada hari Sabtu, 16 Mei 2015, tempat Monas, Jalan Thamrin dan Bundaran HI Jakarta. 3. Aksi Sosial berupa Kunjungan Kasih ke Anak Asuh PPKS PGI, Jakarta Timur dan Donor Darah di Gereja-gereja di Jakarta, pada tanggal 17-24 Mei 2015. 4. Seminar, Diskusi dan Peluncuran Buku pada tanggal 25 Mei 2015 di Aula Kantor PGI, Jalan Salemba Raya 10, Jakarta Pusat. 5. Penerbitan Buku Refleksi HUT PGI ke-65.

 

Seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-65 PGI ini diharapkan akan diikuti oleh sekitar 10.000 orang di Jakarta dan sekitarnya dan ditambah dengan perayaan-perayaan yang akan dilakukan di beberapa daerah. Karena itu, demi suksesnya seluruh kegiatan yang telah direncanakan, panitia mengharapkan dukungan doa dan partisipasi dari seluruh gereja-gereja yang ada di Indonesia”tegas Wattimena dengan penuh antusias.

 

Dalam konferensi pers di kantor PGI ini, Ketua umum Panitia didampingi oleh sekretaris panitia Jeirry Sumampow dan tim inti lainnya seperti Rekson Silaban, Pdt. Yerry Tawalujan, M.Th, Pdt. Manuel Raintung, M.Th. dan Pdt. Krise Anki Gosal.

 

PGI merupakan wadah gereja dan aras gereja nasional yang menghimpun sekitar 85% umat Kristen Protestan di Indonesia.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here