Penyebaran Populasi Protestan Sedunia

0
1348

Populasi Protestan sedunia, menurut data tahun 2011, adalah sekitar 840 juta – 1.1 Milyar jiwa, berarti 37% lebih dari populasi Kristen sedunia. Aliran-aliran Kristen yang dimasukkan dalam klasifikasi Protestan adalah Lutheran, Episkopal, Anglikan (mayoritas), Baptis, Metodis, Presbyterian, Reformed, Advent, Quaker, Mennonite, Wesleyan, Calvinist, Nazarene, Holiness, Sidang Jemaat Allah, Church of God, Fundamentalis, Injili, Pentakosta, Karismatik, Neo Karismatik dan gereja-gereja non-denominasi. Kita memasukkan Pentakosta dan Karismatik dalam klasifikasi Protestan karena semua gereja Pentakosta historis juga menyebut dirinya sebagai Protestan seperti Gereja Sidang Jemaat Allah (Gereja Pentakosta terbesar di dunia), Church of God, dan gereja-gereja Pentakosta terbesar lainnya. Semua Gereja Pentakosta/Karismatik terbesar dunia juga masuk dalam organisasi gereja Protestan Injili “World Evangelical Alliance atau organisasi Injili nasional”. Kelompok Neo Karismatik juga kita masukkan dalam rumpun Protestan karena mereka juga mengklaim diri sebagai Protestan (Injili).

Reformasi Protestan, yang membelah Kekristenan Barat dan menghasilkan agama Kristen Protestan, terjadi di Eropa pada abad 16. Akan tetapi, saat ini, hanya dua dari 10 negara yang mempunyai populasi Protestan terbesar di Eropa.

Jumlah populasi Protestan terbesar ada di sepuluh negara (perhatkan  tabel di bawah), menghimpun 61% total populasi Protestan dunia. Protestan merupakan mayoritas dari total populasi di 49 negara.

populasi

AS memiliki penganut Protestan terbesar di dunia dari semua negara di dunia ini, sekitar 160 juta orang, atau 20% dari total populasi dunia. Nigeria berada di posisi kedua terbesar, dengan hampir 60 juta Protestan, atau lebih dari 7% dari populasi Protestan sedunia. Cina memiliki jumlah Protestan ketiga terbesar di dunia sekitar 58 juta (kurang dari 5% populasi China). Akan tetapi, menurut perkiraan tahun 2013, populasi Protestan di Cina sudah menembus angka 160 juta jiwa.

Meskipun Eropa merupakan akar-sumber historis Protestantisme, andil/kontribusi Eropa dalam jumlah populasi Protestan sedunia hanya 13%, jauh di bawah Sub-Sahara Afrika (37%), Benua Amerika (33%) dan kalah dari wilayah Asia-Pasifik (17%). Hanya Timur Tengah-Afrika Utara yang memiliki populasi Protestan yang lebih kecil (kurang dari 1%) dari Eropa.

Lihat Tabel Penyebaran Protestan per daerah.

tabel

(Hotben Lingga; Sumber Pew Research Center, AS dan Wikipedia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here