Musik Bisa Menciptakan Generasi yang Lebih Baik dan Lebih Humanis

0
423

Konser Musik “The Joy of Music”

“The Joy of Music” Sekolah Musik Cantata
“The Joy of Music” Sekolah Musik Cantata

“Salah satu media yang paling baik untuk membentuk sebuah generasi adalah melalui pendidikan musik. Pendidikan musik yang baik sangat banyak manfaatnya. Karena ia bisa mempengaruhi seluruh aspek kehidupan seseorang. Bisa mempengaruhi kecerdasan inteligensia, perkembangan mental, spiritual, teologis dan karakter manusia. Karena itu, sejak awal, anak-anak harus didorong dan dirangsang untuk belajar musik secara professional , mengikuti pendidikan musik dan mengikuti dan terlibat aktif dalam pelbagai konser-konser musik yang baik. Musik bisa menciptakan generasi yang lebih baik, lebih bermartabat dan lebih humanis,”Demikian disampaikan Febe Warman, Ketua Panitia Konser Musik “The Joy of Music” Sekolah Musik Cantata, kepada Tabloid Tritunggal, di sela-sela acara konser tersebut, Jakarta (26/10/14)

 

Jelas Febe Warman, “Setiap tahun Sekolah Musik Cantata menyelenggarakan Konser Musik dengan Tagline “The Joy Of Music” (TJOM). Maksud dan tujuan konser ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak dan remaja untuk tampil bersama orkestra simfoni. Agar mereka berani mengeksplorasi, memperlihatkan dan merealisasikan potensi, bakat, profesionalisme dan kreativitas musik mereka bagi khalayak umum.

 

The Joy of Music adalah kekayaan musikal yang dimiliki Sekolah Musik Cantata, yang meliputi: Cantata Community Orchestra, Cantata Violin Ensemble, Vivo Voice Choir, beserta berbagai elemen kelompok musik di sekolah musik Cantata yang setiap tahun selalu bergantian menjadi bagian dari konser TJOM. Untuk tahun ini yang menjadi bagian dari TJOM adalah Cantata Guitar Ensemble dan Cantata Ballet.”

 

Febe Warman menambahkan, “Seri konser TJOM selalu menghadirkan bintang tamu yang memainkan salah satu alat musik orkestra, Salah satu keunikan dari konser TJOM yang terlewatkan untuk disampaikan adalah: setiap tahun TJOM mengundang secara bergantian musisi terbaik Indonesia yang memainkan alat musik orkestra untuk bermain sebagai soloist. TJOM 1 mengundang Michelle Siswanto (pemain biola), TJOM 2 mengundang Rmawa Widi (pemain harpa), dan TJOM 3 menampilkan Nino Ario Wijaya (pemain clarinet). Konser ini dikemas dengan menarik namun tetap mendidik, sehingga akan menjadi tontonan yang “bergizi”, dan dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

 

Konser The Joy of Music yang ketiga tahun ini membawa tema : “Bintang Yang Bersinar” dengan semua harapan bahwa setiap anak dapat menjadi bintang yang bersinar, menggali setiap potensi yang mereka miliki, baik di bidang musik khususnya dan semua bidang keahlian lainnya pada umumnya.”

 

“Salah satu keunikan di dalam rangkaian The Joy of Choir dan The Joy of Music adalah lagu – lagu wajib The Joy Of Choir  selalu diambil dari karya komponis Indonesia, bahkan sejak The Joy Of Choir 2 seluruh lagu wajib dibuat oleh tim panitia dari Sekolah Musik Cantata.

 

Harapan kami adalah The Joy of Music 3 “Bintang yang bersinar” dapat memberi inspirasi bagi setiap murid peserta acara, dan para orang tua dan penonton sekalian, sehingga membekali mereka dengan pengalaman musikal yang tidak terlupakan (melalui pengalaman orchestra dan paduan suara), sekaligus mendukung terciptanya generasi penerus yang lebih baik melalui pendidikan musik, sesuai dengan visi misi Sekolah Musik Cantata : Making Better Generations”tegas Febe Warman saat mengakhiri penjelasannya tentang kegiatan Konser Sekolah Musik Cantata ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here